RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL PADA MAHASISWI

Ilma Nur Azizah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh religiusitas dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausalitas. Subjek penelitian terdiri dari 96 mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diambil menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan menjadikan analisis regresi linear berganda sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,295 yang berarti religiusitas dan persepsi kualitas produk menyumbang 29,5% terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif yang signifikan secara bersamaan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Keywords


religiusitas, persepsi kualitas produk, keputusan pembelian, kosmetik halal

Full Text:

PDF

References


Aulia, M. R., Handayani, T., & Puspitasari, L. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli kosmetik halal pada mahasiswa di Jakarta. Journal of Sharia Economics, 1. https://doi.org/10.22373/jose.v2i2.1347

Durianto, D., Sugiarto., & Sitinjak, T. (2001). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1786

Fetzer Institute. (1999). Multidimensional measurement of religiousness/ spirituality for use in health research: a report of the fetzer institute/ national institute on aging working group.

Hoe, L. C., & Mansori, S. (2018). The effects of product quality on customer satisfaction and loyalty: evidence from malaysian engineering industry. International Journal of Industrial Marketing, 3(1), 20. https://doi.org/10.5296/ijim.v3i1.13959

Kementrian dalam Negeri. (2021). Distribusi penduduk indonesia per juni 2021: jabar terbanyak, kaltara paling sedikit. Diunduh pada September 202 dari https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/809/distribusi-penduduk-indonesia-per-juni-2021-jabar-terbanyak-kaltara-paling-sedikit#:~:text=Dari%20total%20272%20juta%20tersebut,(Kaltara)%20sebanyak%20692.239%20jiwa.

Kementrian Perindustrian. (2020). Optimalkan bahan domestik, kemenperin percantik kinerja industri kosmetik. Diunduh pada Juni 2021 dari https://kemenperin.go.id/artikel/21913/Optimalkan-BahanDomestik,-Kemenperin-Percantik-Kinerja-Industri-Kosmetik

Kotler, P & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 (12th ed.). Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga

Kusumawati, Y., & Herlena, B. (2014). Hubungan antara persepsi terhadap kelompok referensi dengan pengambilan keputusan membeli produk kosmetika tanpa label halal pada mahasiswi muslim. Jurnal Psikologi Integratif, 2(1), 100–109. https://doi.org/10.14421/jpsi.2014.%25x

Novianty, A., & Garey, E. (2021). Memahami makna religiusitas/spiritualitas pada individu dewasa muda melalui photovoice. Jurnal Psikologi Integratif, 8(2), 61. https://doi.org/10.14421/jpsi.v8i2.2115

Mardiyah, M., & Putriana, N. A. (2019). Analisis kimia untuk mendeteksi kandungan non-halal pada kosmetik. Jurnal majalah farmasetika. https://doi.org/10.24198/farmasetika.v4i5.23067

Rakhmawati, A. (2018). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap minat beli dan keputusan pembelian (studi pada wardah beauty house surabaya). Jurnal Sketsa Bisnis, 08(02), 123–134. https://doi.org/10.35891/jsb.v5i1.1607

Salaam Gateway. (2018). State of the global islamic economy report: driving the islamic economy revolution 4.0. DinarStandard

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d (21st ed.). Bandung : Alfabeta.

Sumanty, D., Sudirman, D., & Puspasari, D. (2018). Hubungan religiusitas dengan citra tubuh pada wanita dewasa awal. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(1), 9–28. https://doi.org/10.15575/jpib.v1i1.2076

Ummi, R., Ramdan A. R., & Danial R. D. M. (2020). Pengaruh religiusitas dan produk halal terhadap keputusan memilih kosmetik pada konsumen muslim. Jurnal Sketsa Bisnis, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.35891/jsb.v7i1.2027

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh label halal dan celebrity endoser terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, VI(2), 83-98. http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(2).%25p

World Population Review. (2021). Muslim population by country 2022. Diunduh pada Juni 2021 dari https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country

Wulandari, S. (2021). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian (studi kasus konsumen indomie di sidoarjo). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.754




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.51-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat