KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU BELANJA KOMPULSIF PADA REMAJA PUTRI YANG AKTIF BERMEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achtziger, A., Hubert, M., Kenning, P., Raab, G., & Reisch, L. (2015). Debt out of control: The links between self-control, compulsive buying, and real debts. Journal of Economic Psychology, 49, 141-149. doi:http://dx.doi.org/10.1016/j.joep.2015.04.003
Akhadiyah, R. F., & Suharyono. (2017). Pengaruh motivasi pembelian dan harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif produk fashion (Survei pada konsumen fashion malang town square di kota malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 48(1), 19-23.
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.
Baumeister, R. F. (2002). Yielding to temptation: Self-control failure, Impulsive purchasing, and consumer behavior. The Journal of Consumer Research, 28(4), 670-676.
Biolcati, R. (2017). The role of self-esteem and fear of negative evaluation in compulsive buying. Front. Psychiatry, 8(74), 1-8. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyt.2017.00074
De Sarbo, W., & Edwards, E. A. (1996). Typologies of compulsive buying behavior : a constrained clusterwise regression approach. Journal of Cunsumer Psychology, 5, 231-262.
Diginews. (2021, Januari 18). E-conomy sea: Kolaborasi google dan temasek untuk internet economy di asia tenggara. Retrieved from Diginews.id: https://diginews.id/e-conomy-sea-kolaborasi-google-dan-temasek-untuk-internet-economy-di-asia-tenggara/
Dittmar, H. (2005). Compulsive buying - a growing concern? An examination of gender, age and endorsement of materialistic values as predictors. British Journal of Psychology, 96(4), 467-491. doi:https://doi.org/10.1348/000712605X53533
Donthu, N., & Garcia, A. (1999). The internet shopper. Journal of Advertising Research, 39(3), 52-58.
Faber, R. J., & O'guinn, T. C. (1989). Classifying compulsive consumers: advances in the development of a diagnostic tool. Advances in Consumer Research, 16(1), 738-744.
Handayani, W. C., & Renanita, T. (2018). Hubungan antar persepsi terhadap celebrity endorser dan kecenderungan pembelian kompuslf online. Psychopreneur Journal, 2(2), 103-113.
Hidayati, I., & Afiatin, T. (2020). Peran kontrol diri dan mediasi orang tua terhadap perilaku penggunaan internet secara berlebihan. Gajah Mada Journal of Psychology (GaMaJoP), 6(1), 43-55. doi:10.22146/gamajop.52744
Hikmah, M., Worokinasih, S., & Damayanti, C. R. (2020). Financial management behavior: Hubungan antara self-efficacy, self-control, dan compulsive buying. Profit : Jurnal Administrasi Bisnis, 151-163.
Kansha, D. R. (2018). Efektivitas penggunaan endorsement oleh online shop giyomi di media sosial Instagram. Skripsi : Universitas Airlangga.
Khare, A. (2013). Credit card use and compulsive buying behavior. Journal of Global Marketing, 26(1), 28-40. doi:10.1080/08911762.2013.779406
Kurnia, L. (2012). Hubungan antara self esteem dan compulsive buying pada wanita dewasa muda. Skripsi : Universitas Indonesia.
Mangestuti, R. (2014). Model pembelian kompulsif pada remaja. Disertasi : Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan accidental sampling untuk mengetahui prevalensi akseptor kontrasepsi suntikan terhadap siklus menstruasi (Studi kasus: puskesmas jembatan kembar kabupaten lombok barat). Avesina, 13(1), 19-23.
Minasochah. (2020). Keberfungsian keluarga jenis kelamin dan kontrol diri remaja di pulau bawean. Tesis : Universitas Muhammadiyah Malang.
Moayery, M., Cantin, L. N., & Martins, J. G. (2019). How does self-control operate? A focus on impulse buying. Psychologist Papers (Papeles Del Psicologo), 40(2), 149-156.
Mukaromah, H. (2015). Masyarakat hipper-reality (Kajian pola konsumtif remaja desa bajing kulon). Skripsi : Insititut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Neysa, E. R. (2019). Pengaruh kontrol diri dan orientasi fashion terhadap pembelian kompulsif pada mahasiswa fakultas ekonomi uin maulana malik ibrahim malang. Skripsi : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
O'guinn, T., & Faber, R. (1989). Compulsive buying : A phenomenological exploration. Journal of Consumer Research, 16(2), 147-157. doi:http://dx.doi.org/10.1086/209204
Ong, Z. Y., Lau, J. L., & Zainudin, N. (2021). Money attitude, materialism and compulsive buying among malaysian young adults. Management Science Letters, 11, 281-290.
Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisa transaksi belanja online pada masa pandemi COVID-19. Jurnal TEKNOINFO, 15(1), 32-37.
Putri, L. P. (2018). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku compulsive buying pembelian produk fashion pada mahasiswi fakultas ekonomika dan bisnis universitas kristen satya wacana. Skripsi : Universitas Kristen Satya Wacana.
Risamana, W., & Suminar, D. R. (2017). Hubungan antara persepsi terhadap pengasuhan orang tua dengan kecenderungan compulsive buying pada wanita dewasa awal di surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 13-23. Retrieved from http://url.unair.ac.id/5e974d38
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan anak edisi 7 jlid 2 (Terjemahan : sarah genis b.). Jakarta: Erlangga.
Savci, M., & Aysan, F. (2016). Relationship between impulsivity, social media usage and loneliness. Educational Process International Journal, 5(2), 106-115.
Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1991). Psikologi sosial Edisi kelima. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Seregina, U. (2014). Exploring fantasy in consumer experiences. Research in Consumer Behavior, 16, 19-33. doi:https://doi.org/10.1108/S0885-211120140000016001
Shaina, D. K., & Nurtjahjanti, H. (2016, April). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan perilaku konsumtif memodifikasi mobil pada remaja anggota klub mobil di semarang. Jurnal Empati, 5(2), 272-275.
Shamvique, A. (2020). Pengaruh kecanduan internet terhadap online compulsive buying di masa pandemi coronavirus disease (COVID-19). Skripsi : Universitas Muhammadiyah Malang.
Sigit, S. (2002). Pemasaran praktis (Edisi ketiga). Yogyakarta: BPFE.
Sirclo. (2020, Desember 10). Jumlah pengguna e-commerce indonesia di tahun 2020 meningkat pesat. Retrieved from www.sirclo.com: https://www.sirclo.com/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/
Sofiyani, M. K. (2017). Hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada remaja. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Tangney, J., Baumeister, R., & Boone, A. (2004). High selfâ€control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324.
Ugm. (2014, Juli 17). Keluarga dasar pembentukan perilaku pembelian kompulsif. Retrieved from Ugm.ac.id: https://www.ugm.ac.id/id/berita/9124-keluarga-dasar-pembentukan-perilaku-pembelian-kompulsif
Veblen, T. (2007). The theory of leisure class. New York: Oxford New Classic.
Wati, H. (2019). Pengaruh selebgram sebagai celebrity endorsement terhadap perilaku konsumtif mahasiwi. Sosietas, 9(2), 722-727.
Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N. S. (2016, Februari). Perbedaan perilaku konsumtif ditinjau dari tipe kepribadian pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 102-106.
Winaryo, K. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI ips di sman 1 rembang purbalingga. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, K. (2018). Pengaruh kecanduan internet dan materialisme terhadap perilaku pembelian kompulsif online. E-Journal Manajemen Unud, 7(2), 1021-1049. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p17
Yehoshua, R. (2009). Kecenderungan perilaku pembelian kompulsif (Compulsive buying) pada wanita dewasa muda yang bekerja dan belum menikah : Sebuah studi deskriptif. Skripsi : Universitas Sanata Dharma.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.61-77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.