HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL DISTRESS DENGAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Nada Salsabila, Zaujatul Amna, Dahlia Dahlia, Novita Sari

Abstract


Psychological distress merupakan salah satu hambatan atau kendala yang dirasakan oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Oleh karena itu, untuk menangani psychological distress yang dirasakan mahasiswa diperlukan suatu strategi koping yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara  strategi koping dengan psychological distress pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Syiah Kuala, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sebanyak 335 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Syiah Kuala terlibat sebagai sampel  dalam penelitian ini. Pengumpulan data penelitian menggunakan Kessler Psychological Distress (K10) dan The Ways of Coping Questionnaire. Hasil analisis pearson correlation menunjukkan  nilai signifikansi (p) = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara psychological distress dan strategi koping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Syiah Kuala. Pada dasarnya tidak semua situasi yang menyebabkan distress dapat benar-benar diatasi, karena distress psikologi akan hilang hanya ketika stresor pada diri inidvidu hilang, hal tersebut yang terkadang menyebabkan skor stres tetap tinggi walaupun sudah menggunakan strategi koping.


Keywords


psychological distress; strategi koping; mahasiswa; skripsi

Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2019). Skripsi, Depresi, dan Bunuh Diri: "Everybody Hurts". Diakses pada 21 November 2020 dari https://tirto.id/skripsi-depresi-dan-bunuh-diri-everybody-hurts-deW8.

Azzahra, F. (2017). Pengaruh Resiliensi Terhadap Distres Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,5(1), 80-96.

Bhat, U. S., Amaresha, A. C., Kodancha, P., John, S., Kumar, S., Aiman, A., Jain, P. A., & Cherian, A. V. (2018). Psychological distress among college students of coastal district of Karnataka: A community-based cross-sectional survey. Asian Journal of Psychiatry, 1(38), 20-24.

Broto, H. D. F. C. (2016) Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Studi Kasus pada Salah Satu Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma)â€. Skripsi (Naskah Publikasi), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Carver., Charles, S., Smith, C., Jennifer. (2010). Personality and Coping. Annual Review of Psychology. 61, 679–704.

Dewi, N. M. B. R. S., Subrata, I. M., Kardiwinata, M. P., & Ekawati, N. K. (2019). Tingkat Depresi Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2019. Jurnal Arc. Com. Health, 6(2), 1-16.

Fadillah. (2013). Stres dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang Sedang Menyusun Skripsi. Journal Psikologi, 1(3), 1-10.

Ezra, M. B., & Raz, Y. M. (2020). Social Workers during COVID-19: Do Coping Strategies Differentially Mediate the Relationship between Job Demand and Psychological Distress?. British Journal of Social Work, 00, 1–17.

Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan Emosional Dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.

Folkman, S., & Moskowitz, J.T. (2004). Coping: Pitfalls and promise. Annual Review of Psychology, 55, 745 – 774.

Huda, M. (2011). Perkembangan keilmuan di STAIN Ponorogo. Jurnal Dialogia, 9 (2) , 111-120.

Kessler, R., & Mroczek, D. (1992). An update of the development of mental health screening scales for the US national health interview study. Ann Arbor, MI: Survey Research Center of the Institute for Social Research. University of Michigan.

Kessler, R. C., Andrews, G., Colpe. J., Hiripi, E., Mroczek, D. K., Normand, S. L. T., Walters, E. E., & Zasavsky, A. M. (2002). Short screening scales to monitor population prevalences and trends in non-specific psychological distress. Psychological Medicine, 32, 959-976.

Kessler, R. C., Barker, P. R., Colpe, L. J., Epstein, J. F., Gfroerer, J. C., Hiripi, E., et al. (2003) Screening for serious mental illness in the general population. Arch Gen Psychiatry, 60(2), 9-184.

Kozier, B., Erb, G., Berman, A., & Snyder, S. J. (2011). Buku ajar fundamental keperawatan konsep, proses, & praktik (edisi 7, volume 2). Jakarta: EGC.

Kusuma, A. T., & Indrawati, E. S, (2015). Procrastination In Completing The Thesis, Jurnal EMPATI, 2(4), 1-10.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.

Lazarus R. S. (1993). Coping Theory and Research: Past, Present, and Future. Psychosomatic Medicine, 55, 234-247.Lin, J. H., & Yusoff, M. S. B. (2013). Psychological Distress, Sources of Stress and Coping Strategy in High School Students. International Medical, 20(6), 1-6.

Lombu, I. P. S. (2016). Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Reguler Profesi Ners Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. TM Conference Series,1(1), 36-40.

Mariyanti, S. (2013). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi Sebagai Efek Dari Stressor Serta Implikasinya Terhadap Waktu Penyelesaian Studi Mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11(2), 66-73.

Mirowsky, J., & Ross, C. E. (2003). Social causes of psychological distress. New York: Aldine de Gruyter.Nafeesa, H. H., & Dewi, K. S. (2015). Intensitas Distres Penyusunan Skripsi Ditinjau Dari Tipe – Tipe Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal EMPATI, 3(2), 182-189.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 1-10.

Ningrum, D. W. J. J. P. E. U. (2013). Hubungan Antara Optimisme Dan Coping Stres Pada Mahasiswa UEU Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Ilmiah Psikologi, 9(01), 126155.

Safaria., & Saputra (2009). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.

Selye, H. (1950). Stress And The General Adaption Syndrome. London: British Medical Journal, 1383-1392.

Solih, Muhammad., Purwoningsih, Emni., Gultom, Dapot., Fujiati., & Isti. (2018) Pengaruh Penulisan Skripsi Terhadap Simtom Depresi Dan Simtom Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Angkatan 2014, Jurnal Ibnu Sina Biomedika, 2(1), 80-90.

Rathus, S. A., & Nevid, J. S. (2002) Psychology and The Challenge of Life:Adjustment in The New Millenium. Eight Edition. Danver: John Willey & Sons.

Ridner, S. H. (2004). Psychological distress: concept analysis. Journal of Advanced Nursing, 45(5), 536–545.

Utami, E. L. T (2018). Strategi koping dan distres psikologis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Skripsi (Naskah Publikasi). Universitas Indonesia, Depok.

Victorian Population Health Survey. (2001). Melbourne: Department of Human Services, Victoria.

Vrichasti, Y., Safari, I., & Susilawati, D. (2020). Tingkat Kecemasan Stres Dan Depresi Mahasiswa Terhadap Pengerjaan Skripsi Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Sportive, 5(3), 1-15.

Widodo, C. M. (2017). Hubungan Antara Kepribadian Neuroticism dengan Disengagement Coping Stress. Skripsi (Naskah Publikasi). Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Wijayanti,N. (2013). Strategi Coping Menghadapi Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi (Naskah Publikasi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.17.1.41-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat