HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG BERMEREK PADA REMAJA PUTRI DI SEMARANG

Alifia Nisaur Rahmah, Erni Agustina Setiowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara penyesuaian sosial dengan keputusan pembelian pada remaja putri di Semarang. Keputusan pembelian dilakukan seseorang untuk mencari solusi dan memutuskan membeli terhadap suatu barang, sedangkan penyesuaian sosial merupakan kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain, dengan memahami, menghormati dan menghargai lingkungan sekitar. Data diperoleh melalui skala keputusan pembelian barang bermerek yang terdiri dari 16 aitem dan skala penyesuaian sosial yang terdiri dari 39 aitem. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara penyesuaian sosial dengan keputusan pembelian barang bermerek pada siswi SMA Neegeri XX Semarang. Sampel penelitian sejumlah 65 siswi kelas XI di SMA Negeri XX Semarang yang dipilih melalui metode random sampling. Analisis data menggunakan korelasi produk moment yang dikembangkan oleh Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keputusan pembelian dengan penyesuaian sosial berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai hasil nilai rxy sebesar 0,272 dan signifikansi p = 0,029 (p < 0,05).


Keywords


keputusan pembelian;Aisyah, W. (2016). “Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Buku Di Toko Buku Gramedia Botani Square Bogor”. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan). Jak penyesuaian sosial

Full Text:

PDF

References


Aisyah, W. (2016). “Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Buku Di Toko Buku Gramedia Botani Square Bogorâ€. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djohan, A. J. (2015). Manajemen & Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W., (1995). Consumer Behavior. Eight edition. Orlando: The Dryden Press.

Hurlock, E. B. (2002). Psikolo ,gi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran (terjemahan). Edisi 7. Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran (terjemahan). Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P., Keller.,& Kevin, L. (2012). Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Ma’ruf, H. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Martaniah, S. M. 1982. Motif Sosial Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina di Beberapa SMA Yogyakarta. Suatu Studi Perbandingan. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Munandar, A. S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2002). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Saputra, R, & Samuel, H. .S.E.,M.S (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1(1), Hal. 1-12.

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sari, Ade, I. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry Pada Mahasiswa STIE Harapan Medan. Jurnal E-Maksi Harapan. STIE Harapan Medan.

Schiffman & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (terjemahan). Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Schneiders, A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York, Hoolt, Rinehart and Winston.

Sears, D. O, Freedman, J. L. & Peplau, L. A. 1992. Psikologi Sosial Jilid I. Terjemahan: Michael, A. dan Savitri, S. Jakarta: Erlangga.

Setianingsih, E., Uyun, Z., & Yuwono, S. (2006). Hubungan antara penyesuaian sosial dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan perilaku delinkuen pada remaja. Jurnal psikologi, 3 (1), 29-35.

Sukesi, & Suyudanto, A. A. (2010). Analisis Pengaruh Kekuasaan dan Kemampuan Individu Anggota Tim. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.12(1), Hal. 86-97.

Swastha, Basu, D.H, & Irawan (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Swastha, B.D.H. 1998. Asas-asas Marketing. Edisi 3. Yogyakarta. Liberty

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif dalam http://www.e.psikologi.com. Diakses tanggal 4 November 2016.

Wibowo, Muhammad R. A. (2014). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Batik Puspa Di Pasar Klewer Surakartaâ€. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.14.1.94-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat