SOSIALISASI BENCANA LONGSOR PADA PENDIDIKAN USIA DINI DESA MUNDING KABUPATEN SEMARANG

Selvia Agustina, Boby Rahman, Lisa Fitriyana

Abstract


Indonesia sebagai negara yang memiliki tingkat kerawanan fisik alam terhadap bencana, harus bersiap memitigasi kondisi tersebut. Salah satu mitigasinya adalah dengan mempersiapkan generasi yang tangguh terhadap bencana. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada anak-anak PAUD terkait bencana longsor. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan alat bantu adalah video kartun tentang bencana longsor, gaya penjelasan dan gestur mendongeng, serta depth interview melalui diskusi bersama anak-anaknya. Hasilnya walaupun tidak sepenuhnya namun secara makna fundamental longsor dapat ditangkap oleh mereka. Beberapa hal yang tidak dapat ditangkap walapun dengan bantuan visual, penjelasan dan gestur adalah substansi-substansi yang memang belum familiar ditingkat pendidikan mereka.

Full Text:

PDF

References


Ardianto,Andi. 2013. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Oleh Guru di SMP Al Islam Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Naskah Publikasiskripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aziz, H., Inten, D. N., Mulyani, D., & Permatasari, A. N. (2022). Pendampingan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Mitigasi Bencana di Lembaga PAUD Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7955-7960.

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609-615.

Desfandi, M. 2014. Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanan Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIOFITK/article/view/1261.

Firdaus, M. I., & Yuliani, E. (2022). Kesesuaian Lahan Permukiman Terhadap Kawasan Rawan Bencana Longsor. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 216-237.

Kousky, Carolyn. 2016. Impacts of Natural Disasters on Children. Diakses tanggal 31 Janauari 2017. VOL. 26 / NO. 1 / SPRING 2016. http://www.futureofchildren.or g/publications/docs/spring2016 _4.pdf

M. Zein, A. 2010. Community Based Approach to Flood Hazard and Vulnerability Assessment in Flood Prone Area: A Case Study in Kelurahan Sewu, Surakarta City, Indonesia. Thesis, ITC, The Netherland

Nurfikasari, M. F., & Yuliani, E. (2022). Studi Literatur: Analisis Kesesuaian Lahan Terhadap Lokasi Permukiman. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 78-92.

Tirtayani, L. A., & Jampel, I. N. (2018, August). Materi siaga bencana pada kurikulum Pendidikan anak usia dini (PAUD) di Bali. In Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Peranan Psikologi Bencana Dalam Mengurangi Risiko Bencana (pp. 186-199).

Rasban, S. (2018). Anak-anak dan perempuan selalu jadi korban bencana. Diunduh pada http://mediaindonesia.com/read/detail/148677-anak-anak-dan-perempuanselalu-jadi-korban-bencana

Wibowo, R. A., & Rahman, B. (2022). Pemetaan Risiko Bencana Kekeringan Menggunakan Metode Kerawanan (Hazard) Dan Kerentanan (Vulnerability). Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 93-108.

Zulfa, V. A., Widyasamratri, H., & Kautsary, J. (2022). Mitigasi Bencana Berdasarkan Tingkat Risiko Bencana Tanah Longsor. Jurnal Kajian Ruang, 2(2), 154-169.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pondasi.v27i2.27535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Pondasi PUSAT STUDI DAN KONSULTASI TEKNIK Print ISSN : 0853-814X E ISSN : 2714-7622 Gedung Fakultas Teknik lantai II Universitas Islam Sultan Agung Semarang Jl.Raya Kaligawe KM 4 PO.BOX 1235 jurnalpondasiunissula@gmail.com jurnalpondasi@unissula.ac.id Semarang 50012