Analisis Rute Potensial Bandara Internasional Husein Sastranegara Yang Dapat di Sharing Dengan Bandara Internasional Kertajati

Abdul Nawir, Dewanti Dewanti, Latif Budi Suparma

Abstract


Bandara Udara Husein Sastranegara merupakan bandara yang melayani kurang lebih 64 penerbangan per-harinya dan menjadi bandara tersibuk di Indonesia. Pemda dan PT. Angkasa Pura II bersepakat untuk mengurangi beban penerbangan Bandara Husein Sastranegara dengan penerapan konsep Multi-Airport System pada Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Kertajati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rute potensial yang dapat di sharing (bagi) dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati, rute yang sering digunakan dan diusulkan oleh penumpang Bandara Internasional Husein Sastranegara dan rute baru yang diusulkan untuk ada di Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Kertajati. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 9 rute penerbangan domsetik yang pernah ada di Bandara Internasional Husein Sastranegara pernah digunakan oleh responden dan merupakan rute potensal, namun hanya 4 rute rute potensial yang sering digunakan oleh penumpang di Bandara Internasional Husein Sastranegara yang dapat di sharing ke Bandara Internasional Kertajati diurutkan dari jumlah responden terbanyak adalah rute tujuan Kota Denpasar, Surabaya, Medan dan Balikpapan.


Keywords


Bandara, Multi-Airport System, rute, Sharing

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2019). Bandara Kertajati Keliru Sejak Lahir, Perlu Dana yang Besar untuk Meramaikannya. https://ombudsman.go.id/news/r/alvin--bandara-kertajati-keliru-sejak-lahir-perlu-dana-yang-besar-untuk-meramaikannya. Di akses 30 Juli 2019.

Akbardin, J., & Sitompul, C. N. (2019). Analisis Model Prediksi Peningkatan Lalu Lintas Udara Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung . Jurnal Rekayasa Sipil, 8(1), 1–8.

Faizal, A., & Raharjo, S. (2021). Persepsi Masyarakat Kota Bandung. Seminar Nasional Dan Diseminasi Tugas Akhir, 282–288.

Graha, R. G. S., & Santosa, W. (2015). Evaluasi Pengembangan Terminal Penumpang Bandar Udara Husein Sastranegara. Evaluasi Pengembangan Terminal Penumpang Bandar Udara Husein Sastranegara, 15(3), 219–228.

Hermanto, B. (2021). Dampak Pembangunan Bandara Internasional Kertajati Dalam Kajian Green Political Theory Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jambi, 5, 62–73.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pondasi.v27i2.23215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Pondasi PUSAT STUDI DAN KONSULTASI TEKNIK Print ISSN : 0853-814X E ISSN : 2714-7622 Gedung Fakultas Teknik lantai II Universitas Islam Sultan Agung Semarang Jl.Raya Kaligawe KM 4 PO.BOX 1235 jurnalpondasiunissula@gmail.com jurnalpondasi@unissula.ac.id Semarang 50012