Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek dalam penelitian ialah 31 siswa kelas VII di sebuah MTs Negeri di Jawa Tengah tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menginterpretasi, dari 48% meningkat menjadi 82,07% pada siklus I dan 92,41% pada siklus II. Kemampuan menganalisis, dari 42% meningkat menjadi 71,03% pada siklus I dan 77,24% pada siklus II. Kemampuan mengevaluasi, dari 36% meningkat menjadi 75,86% pada siklus I dan 72,41% pada siklus II. Kemampuan menginferensi siswa, dari 32% meningkat 61,38% pada siklus I dan 69,66% pada siklus II. (2) Hasil belajar yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, dari 29% meningkat menjadi 75,86% pada siklus I dan 79,31% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika pada siswa.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Andriani, I., & Suparman. (2018). Deskripsi Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 221–226. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. doi:10.29333/iji.2019.12345a
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on PChukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. https://doi. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. doi: 10.9790/7388-0351825
Dhayanti, D., Johar, R., & Zubainur, C. M. (2018). Improving Students’ Critical and Creative Thinking through Realistic Mathematics Education using Geometer’s Sketchpad. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 25. doi:10.23917/jramathedu.v3i1.5618
Facione, P. A., & Facione, N. C. (1994). Critical Thinking Ability: A Measurement tool. Assessment Update, 6(6), 12–13. doi:10.1002/au.3650060611
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. doi:10.21831/jrpm.v6i1.21396
Gaol, M. L., Prabawanto, S., & Usdiyana, D. (2019). Students’ Mathematical Critical Thinking Ability on Cube and Cuboid Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 2–7. doi:10.1088/1742-6596/1157/4/042055
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Raja Grafindo Persada.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pmri Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34. doi:10.21831/jrpm.v3i1.9685
Irawan, T. A., & Rahardjo, S. B. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 232–236. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11418
MariÄić, S., Å pijunović, K., & Lazić, B. (2016). Utjecaj sadržaja na razvijanje kritiÄkog miÅ¡ljenja uÄenika u poÄetnoj nastavi matematike. Croatian Journal of Education, 18(1), 11–40. doi:10.15516/cje.v18i1.1325
Munir, R. (2016). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.
NCTM. (2000, November). PSSM. https://doi.org/10.1016/S0737-0806(98)80482-6
NEA. (n.d.). A-Guide-to-Four-Cs.pdf. Retrieved from www.nea.org › assets › docs › A-Guide-to-Four-Cs
OECD. (2010). PISA 2009 at a Glance. https://doi.org/10.1787/9789264095298-en
OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus. Retrieved January 3, 2020, from PISA 2012 Results in Focus website: https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf
OECD. (2016). Country note – results from PISA 2015: Indonesia. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/888933431961
OECD. (2018). Insights and interpretations. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Palinussa, A. L. (2013). Students’ Critical Mathematical Thinking Skills and Character: IndoMS.J.M.E, 4(1), 75–94.
Rasiman. (2015). Leveling Of Critical Thinking Abilities of Students of Mathematics Education In Mathematical Problem. Journal on Mathematics Education, 6, 40–52. doi:10.22342/jme.6.1.1941.40-52
Salamah, U. (2015). Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VII dan MTs. Surakarta: Platinum.
Sanjaya, W. (2008a). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Dan Ctl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sma. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 49. doi:10.26714/jkpm.5.2.2018.49-57
Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Su, H. F. H. “Angie,†Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2015). Mathematical Teaching Strategies: Pathways to Critical Thinking and Metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190. doi:10.21890/ijres.57796
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriyanto, D., Sururi, A., Yani, S. A., & Nuruddin, P. (2015). Panduan Praktis Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Grobogan: Sarnu Untung.
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Jasmine.
Taslim. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melaluiPendekatan Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 62–74. doi: 10.29210/114500
Ulfiana, E., Mardiyana, & Triyanto. (2019). The Students’ Mathematical Critical Thinking Skill Ability in Solving Mathematical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1). doi: 10.1088/1742-6596/1180/1/012015
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved December 17, 2019, from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.1-16
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Imroatus Sholihah, Sri Rejeki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id