Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, Vol 8, No 2 (2020)

STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI FORUM KOMIK BANDUNG DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Fauziah Dila Noviana

Abstract


Industri Komik merupakan bagian dari perkembangan industri kreatif di Indonesia. Kemunculan acara-acara komik lokal semakin sering dilakukan seperti yang di lakukan di Kota Bandung melalui event Pasar Komik Bandung (PAKOBAN). Diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar dapat dibangun brand awareness yang tinggi dari customer maupun target pasar event tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh penyelenggara event pasar komik bandung dalam membangun brand awareness. Metode peelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi ke lapangan dan wawancara semi terstruktur. Pendekatan penelitian ini dibangun dengan model bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggara event pasar komik bandung memilih tiga bauran pemasaran yang paling efektif dalam membangun brand awareness dari customer dan masyarakat yaitu Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Pemasaran Online dan Media Sosial. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak penyelenggara event Pasar Komik Bandung (PAKOBAN) telah berhasil membangun brand awareness dari masyarakat terhadap event tersebut.