TRANSFORMASI STRATEGIS SUARA MERDEKA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL
Abstract
Terjadinya fenomena revolusi 4.0 sangat memengaruhi industri media, termasuk Suara Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi strategis yang diterapkan oleh Suara Merdeka sebagai perusahaan media tertua di Jawa Tengah pada era digital berdasarkan teori mediamorfosis gagasan Roger Fidler. Penelitian ini melakukan kajian secara mendalam melalui konsep mediamorfosis, yaitu proses koevolusi, konvergensi, dan kompleksitas terhadap transformasi Suara Merdeka di era digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, agar dapat memahami dan mengungkap secara mendalam kasus yang terjadi pada Suara Merdeka melalui data kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa pada proses koevolusi Suara Merdeka telah melakukan komputerisasi dan mengadopsi bahasa digital dengan melahirkan suaramerdeka.com, Suara Merdeka TV pada Youtube, dan e-paper. Pada proses konvergensi, Suara Merdeka telah mengimplementasikan konvergensi digital dan konvergensi jurnalistik. Sedangkan kompleksitas yang terjadi pada Suara Merdeka, yaitu mengalami prediksi kebangkrutan perusahaan dan kurang maksimalnya pengadopsian produk jurnalistik hasil digitalisasi, e-paper. Namun, hal tersebut dijadikan peluang bagi Suara Merdeka untuk dapat memperpanjang usia koran Harian Suara Merdeka dan mempertahankan eksistensinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Corrie. (2018, February 8). Mediamorfosis dalam Komunikasi Massa – Pengertian – Sejarah – Konsep. Pakar Komunikasi. https://pakarkomunikasi.com/mediamorfosis-dalam-komunikasi-massa
Fajriana, F. (2023). Konstruksi Sosial atas Realitas pada Program Dakwah Radio 95,5 RASFM Jelang Era Society 5.0 dalam Realitas Objektif. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fidler, R. (1997). Mediamorphosis: Understanding new Media (B. Berenson, Ed.). Pine Forge Press.
Fidler, R. (2003). Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Yayasan Bentang Budaya.
Firmanto, R. (2020, April 21). Teori Mediamorfosis dan Konsepnya. Jurnal Rival. https://jurnal.diary.co.id/teori-mediamorfosis/
Karunianingsih, D. A. (2021). Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 61. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3528
Marcelina, Y., Muchtar, K., & Rosyidi, I. (2020). Mediamorfosis Radar Bandung. In Desember (Vol. 9, Issue 1).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (R. Holland, Ed.; Kedua). Sage Publications.
Muchtar, K., & Ghalia, F. R. (2018). RESPON MAHASISWA TERHADAP TAYANGAN DAKWAH ISLAMIYAH KHAZANAH (TRANS 7) DAN DAMAI INDONESIAKU (TV ONE) Khoiruddin Muchtar Faula Rahma Ghalia. http://inject.iainsalatiga.ac.id/index.php/INJECT/index
Nasrullah, R. (2018). Komunikasi AntarBudaya Di Era Budaya Siber (Pertama). Kencana Prenadamedia Group.
Oliver, J. J. (2018). Strategic Transformations in the Media. Journal of Media Business Studies, 15(2), 1–22.
Puspita, R. (2019). Mediamorfosis Surat Kabar Ke Surat Kabar Online.
Rahardjo, S., & Gudnanto. (2022). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Prenada Media.
Sari, F. (2022). Konvergensi dan Manajemen SDM Media Lokal. Jurnal Komunikasi, 16(2), 239–252. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art9
Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2011). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa (Kelima). Prenada Media.
Suryawati, I., & Alam, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS) (Vol. 10, Issue 2).
Suryawati, I., & Irawan, R. E. (2022). Transformasi Media Cetak Ke Platform Digital (Analisis Mediamorfosis Harian Fajar ke Fajar.co.id) (Vol. 13, Issue 1). https://ekonomi.bisnis.com,
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i2.35076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â