Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Pengelolaan Privasi Komunikasi Remaja Dalam Peer Group (Survei Pada Siswa Ma Usb Filial Man Batam)

Nuria Milga Yusuf, Intan Putri Cahyani, Garcia Krisnando Nathanael

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat literasi digital terhadap pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group pada siswa MA Usb Filial MAN Batam serta mengkaji keterkaitan antara tingkat literasi digital dan pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group dengan menggunakan teori manajemen privasi komunikasi (CPM). Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Peneliti menggunakan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 86 responden. Hasil akhir penelitian ini yaitu hubungan antara tingkat literasi digital dan pengelolaan privasi komunikasi terletak pada kategori cukup lemah. Peneliti mendapatkan hasil bahawa tingkat Literasi Digital berpengaruh positif dan berkontribusi sebesar 36,30% terhadap Pengelolaan Privasi Komunikasi. Penelitian ini sejalan dengan teori manajemen privasi komunikasi (CPM) dimana literasi digital sebagai sarana pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group.


Keywords


Komunikasi antarpribadi, literasi digital, peer group, pengelolaan privasi komunikasi, remaja

Full Text:

PDF

References


Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Pekommas, 18(Effect of Interpersonal Communication Between Lecturer and Students of Learning and Achievement Motivation for Students), 53–62.

Agustien, Y. M., Prijana, P., & Yanto, A. (2019). Relasi Kemampuan Literasi Jaringan dengan Manajemen Privasi Pelajar Sma Negeri 1 Sumedang. Pustakaloka, 11(1), 18. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1540

Agustin, I. M., Febriyanti, D., & Sawiji. (2018). PERAN PEER GROUP EDUKASI DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEP DIRI REMAJA DI PANTI ASUHAN. 1(2), 93–98.

Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VII). PT. Rineka Cipta.

Ashari, M., & Idris, N. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Generasi Digital Native. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1355–1362.

Azizah, M. (2020). PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA KOMUNIKASI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM). S o s i o l o g i N u s a n t a r A, 6, 45–54.

Batam, M. K. (2021). Dukung Indonesia Cakap Digital, Batam Terus Tingkatkan Infrastruktur Bidang Telekomunikasi. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nusantara/534790/dukung-indonesia-cakap-digital-batam-terus-tingkatkan-infrastruktur-bidang-telekomunikasi?show=

Destisya, J., Septika, R., Hendarso, Y., & Yusnaini. (2019). Peran Peer Group Dalam Membentuk Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 126–139. https://doi.org/10.33369/jsn.5.2.126-139

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goodfellow, R. (2014). Literacy , literacies , and the digital in higher education. February 2011. https://doi.org/10.1080/13562517.2011.544125

Hall, R. (2020). Between Friends, an “implicit Trustâ€: Exploring the (Non)Disclosure of Private Mental Health-Related Information in Friendships. Ohio Communication Journal, 58, 26–39.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish.

Harapan, E., & Ahmad, S. (2014). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI Perilaku Insani dalam Organisasi. PT RajaGrafindo Persada.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayati, F. R., & Irwansyah. (2021). Privasi “Pertemanan†Remaja di Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.186

Kamilah, F. N., & Lestari, S. B. (2020). Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram. Interaksi Online, 9, 98–108.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama.

Kriyantono, R. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (3rd ed.). Penerbit Erlangga.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. PT RajaGrafindo Persada.

McBride, C., & Bergen, K. (2008). Communication Research: Becoming a Reluctant Confidant: Communication Privacy Management in Close Friendships. Texas Speech Communication Journal., 33(1), 50–61.

Mustofa, A. (2013). Uji Hipotesis Statistik (Cetakan I). GapuraPublishing.com.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal: Disertai Contoh Fenomena Praktis. Kencana.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.

Nurrizqi, A. D., & Rodin, R. (2020). TINGKAT LITERASI DIGITAL MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 12.

Ovan, & Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Pratama, R. A., Anggraini, R., & Hermano, D. H. (2017). Kualitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi. InterKomunika, 2(2), 114. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.23

Pratama, W. A., & Hartini, S. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY. 06(1), 9–13.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212.

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250

Proverawati, & Misaroh. (2009). Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Nuha Medika.

Radjagukguk, D. L. (2018). Implementasi Pola Komunikasi Antar Pribadi Pada Remaja. 1, 49–63.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. 10, 33–43. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3795

Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), 31. https://doi.org/10.37535/101005220183

Saifulloh, M., & Ernanda, A. (2018). Manajemen Privasi Komunikasi Pada Remaja Pengguna Akun Alter Ego Di Twitter. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 235. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.652

Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati. (2015). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Sosietas, 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1512

Simarmata, J., Sihotang, J. I., Karim, A., Purba, R. A., Hazriani, Koibur, M. E., Gustian, D., Siregar, M. N. H., Fadhillah, Y., & Jamaludin. (2021). Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Literasi_Digital/A1JHEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=literasi+digital&pg=PA90&printsec=frontcover

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Peneletian. Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulianta, F. (2020). LITERASI DIGITAL, RISET, PERKEMBANGANNYA & PERSPEKTIF SOCIAL STUDIES. Feri Sulianta.

Supriyati. (2012). Metodologi Penelitian Komputerisasi Akuntansi. LABKAT.

Tobing, N. K. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Berbasis Web 4.0 Terhadap Manajemen Privasi Komunikasi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 92. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.8185.2021

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Utami, E. S. N. (n.d.). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PRIVASI KOMUNIKASI PADA REMAJA Studi Kuantitatif Tentang Pengaruh Literasi Digital Instagram Terhadap Privasi Komunikasi Pada Remaja Di Garut Kota.

West, R., & Turner, L. H. (2018). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Selemba Humanika.

Wibowo, A. D. (2021). Kemenkominfo Susun Survei Literasi Digital Indonesia 2021. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/anshar/digital/617bc4bf0cf9e/kemenkominfo-susun-survei-literasi-digital-indonesia-2021

Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). ANALISIS KORELASI DALAM PENENTUAN ARAH ANTAR FAKTOR PADA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA MAGELANG. Journal of Electrical Engineering, Computer and Information Technology, 1(2), 1–6. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v10i2.21999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â