EFEKTIVITAS RESIN BIS-GMA SEBAGAI BAHAN FISSURE SEALANT PADA PERUBAHAN SUHU DALAM MENGURANGI KEBOCORAN TEPI (Penelitian Eksperimental Laboratoris)

Sandy Christiono

Abstract


Anatomi pit dan fissure pada gigi telah lama diketahui sebagai tempat yang rentan sebagai awal mula karies gigi. Dalam penutupan pit dan fissure kita tidak terlepas dari pemilihan bahan yang digunakan. Pit dan fissure sealant telah digunakan dalam strategi preventif sejak tahun 1970an, dan menjadi perawatan non-invasif yang paling efektif untuk mencegah karies. Saat ini, bahan yang sering digunakan adalah Resin Bis-GMA dan Glass Ionomer. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui kebocoran tepi bahan Resin Bis-GMA dan Glass Ionomer Cement pada perubahan suhu sebagai bahan sealant pada anak-anak. Dengan adanya perbedaan nilai koefisien ekspansi termal dapat menyebabkan perbedaan muai bahan fissure sealant dengan jaringan gigi pada waktu
terjadi perubahan suhu. Akibatnya akan terjadi kebocoran tepi diantara bahan fissure sealant dengan jaringan gigi. Dapat disimpulkan bahwa pada bahan fissure sealant Resin Bis-GMA dan Glass Ionomer Cement keduanya didapatkan adanya kebocoran tepi pada perubahan suhu.

Kata Kunci : Kebocoran tepi, fissure sealant, Resin Bis-GMA, Glass Ionomer cement, Perubahan suhu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.