KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PENEMUAN BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN DAN LKS PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran kontekstual (CTL) dengan strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran yang didampingi LKS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh dan seberapa besar pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran yang didampingi LKS, (3) perbedaan hasil belajar pada pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran yang didampingi LKS, pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan alat peraga didampingi LKS, dan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas
IV di SD Islam Sultan Agung Semarang . Berdasarkan teknik random sampling diperoleh dua kelompok eksperimen yakni kelompok eksperimen pertama (E1) dengan pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran didampingi LKS, kelompok eksperimen kedua (E2) dengan pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan alat peraga didampingi LKS, dan satu kelompok kontrol (K) dengan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga pada kompetensi dasar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi, (2) angket, dan (3) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji banding (OneWay Anava) diteruskan uji lanjut ANAVA dengan metode Scheffe, dan uji ketuntasan (KKM) hasil belajar dengan uji One sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil uji regresi pada kelompok eksperimen pertama (E1) menunjukkan adanya pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar, (2) hasil uji banding (One Way Anava) menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara ketiga kelompok, dan (3) hasil uji lanjut ANAVA dengan metode Scheffe menunjukkan bahwa antara ketiga kelompok berbeda secara signifikan yakni kelompok (E1) ≠(E2), (E1) ≠(K), dan (E2) ≠(K), Berdasarkan mean hasil belajar diperoleh bahwa kelompok eksperimen pertama (E1) lebih baik dibanding kelompok eksperimen kedua(E2) dan kelompok kontrol (K).
Kata kunci : CTL, penemuan, CD, bilangan bulat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh dan seberapa besar pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran yang didampingi LKS, (3) perbedaan hasil belajar pada pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran yang didampingi LKS, pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan alat peraga didampingi LKS, dan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas
IV di SD Islam Sultan Agung Semarang . Berdasarkan teknik random sampling diperoleh dua kelompok eksperimen yakni kelompok eksperimen pertama (E1) dengan pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan CD pembelajaran didampingi LKS, kelompok eksperimen kedua (E2) dengan pembelajaran kontekstual strategi penemuan berbantuan alat peraga didampingi LKS, dan satu kelompok kontrol (K) dengan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga pada kompetensi dasar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi, (2) angket, dan (3) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji banding (OneWay Anava) diteruskan uji lanjut ANAVA dengan metode Scheffe, dan uji ketuntasan (KKM) hasil belajar dengan uji One sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil uji regresi pada kelompok eksperimen pertama (E1) menunjukkan adanya pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar, (2) hasil uji banding (One Way Anava) menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara ketiga kelompok, dan (3) hasil uji lanjut ANAVA dengan metode Scheffe menunjukkan bahwa antara ketiga kelompok berbeda secara signifikan yakni kelompok (E1) ≠(E2), (E1) ≠(K), dan (E2) ≠(K), Berdasarkan mean hasil belajar diperoleh bahwa kelompok eksperimen pertama (E1) lebih baik dibanding kelompok eksperimen kedua(E2) dan kelompok kontrol (K).
Kata kunci : CTL, penemuan, CD, bilangan bulat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.