IDENTIFIKASI PINTU AIR DI DESA RASAU JAYA SATU KECAMATAN RASAU JAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Ely Nurhidayati, Monika Stella Leonita Panjaitan

Abstract


Desa Rasau Jaya Satu merupakan satu dari desa yang berada di Kecamatan Rasau Jaya yang dilakukan pengembangan jaringan irigasi untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 1970-an. Pengembangan jaringan irigasi dilakukan dengan membangun saluran pengairan serta pengaturan pengairan berupa pintu air pada saluran tersier. Permasalahan ditemukan oleh peneliti saat observasi awal pada pintu air yang telah dibangun oleh pemerintah, yaitu pintu air sudah banyak yang mengalami kerusakan baik itu disebabkan oleh faktor alam maupun faktor dari oknum yang kurang bertanggungjawab. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, melalui penilaian Indikator Jenis Kerusakan Pintu Air. Hasil Penelitian, menunjukkan bahwa kondisi kerusakan pintu air yang sebagian besar berada di Jalan Pahlawan banyak mengalami kerusakan terutama pada bagian stir pintu dan daun pintu karena jumlah sebagian besar pintu air berada di Jalan Pahlawan. Tingkat kerusakan pintu air yang terjasi terbagi menjadi 3 yaitu rusak berat terdapat 14 pintu air, rusak sebagian terdapat 15 pintu air dan keadaan pintu yang baik terdapat 16 pintu air.

Full Text:

PDF

References


Ahad, Pengertian pasang surut air laut, indonesia, 2017.

B. Triatmodjo, Pengertian pasang surut air laut, indonesia, 2003.

Bagus Ansori Edijatno Soekibat Roedy Soesanto,

M. (2018). Irigasi dan Bangunan Air. In Laboratorium Keairan dan Teknik Pantai Departemen Teknik Sipil FTSLK-ITS (Issue May).

Dewi, E. Y., Yuliani, E., & Rahman, B. (2022). Analisis Peran Sektor Pertanian terhadap Pertumbuhan Perekonomian Wilayah. Jurnal Kajian Ruang, 2(2), 229-248.

Hadihardjaja, J. (2019). Irigasi dan Bangunan Air. Gunadarma

Pemerintah Desa, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Rasau Jaya Satu, 2021.

Peraturan Pemerintahan RI, Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Irigasi, 2006.

Rumagit, J. D. "Identifikasi Kerusakan Pintu Air di Daerah Irigasi Alale Kabupaten Bone Bolango," RADIAL-Jurnal Perad. sains, rekayasa dan Teknol. Sekol. Tinggi Tek. Bina Taruna Gorontalo, Vols. vol. 7, no. 1, p. pp. 1–11, 2019

Rofi, S. N. R. A. N., & Rahman, B. (2022). Analisis Daya Dukung Dan Daya Tampung Di Tinjau Dari Aspek Ruang Pertanian. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 270-289.

Sidharta, "Irigasi dan Bangunan Air," in Gunadarma, no. May Jakarta: Universitas Gunadarma, p. pp. 1–275., 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.