Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mengasosiasi Dan Mengkomunikasikan Ide Gagasan Mata Pelajaran PAI Di SMA Teuku Umar Semarang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara konsep pendekatan saintifik khususnya dalam mengasosiasi dan mengkomunikasikan ide gagasan mata pelajaran PAI dengan realita di lapangan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pendekatan saintifik dalam asosiasi dan mengkomunikasi berdasarkan pada Kurikulum 2013 diimplementasikan. Penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif ini mengaplikasikan observasi dan dokumentasi sebagai metode penelitian. Hasil dari penelitian ini didapati sebanyak 85% dari 30 peserta didik mampu menuntaskan kelima tahapan pendekatan saintifik dimulai dari tahapan mengamati dan diakhiri dengan mengkomunikasi, 15% peserta didik lainnya terhenti pada tahapan bereksperimen. Saran yang mampu diberikan kepada guru sebaiknya memperbaiki pola pengejaran yang lebih terstruktur, penggunaan media belajar yang beragam dan teruntuk peserta didik seharusnya mampu mempersiapkan diri untuk penyerapan materi PAI yang lebih maksimal.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, mengasosiasi, mengkomunikasi, PAI.
Full Text:
PDFReferences
Djamal., (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Efrini, M., (2016). Discovery Learning Based Method Based On Scientific Approach In Curriculum 2013 In Teaching English At Senior High School. International Seminar on Education 2016, 1(2), 93-102. Dipetik Desember 4, 2019, dari http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/629
Hamalik., (2013). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. (B. Ramdhani, Penyunt.) Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Hamalik., (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hawi, A., (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Hosnan., (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
KEMENDIKBUD., (2015). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran. Semarang: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Kurniasih, I., & Sani, B., (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jogjakarta: Kata Pena.
Majid, A., & Rochman, C, (ed)., (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Nasution., (2016). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Salim, A., (2014). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 12(1), 33-48. Dipetik Februari 24, 2020, dari http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/362/538
Sani, R. A., (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardjo., (2013). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Data Lapangan:
Istiqlaliyah., (Guru PAI SMA Teuku Umar Semarang), Wawancara pada 16 Januari 2020.
Istiqlaliyah., Dokumen RPP PAI Kurikulum 2013, 9 Februari 2020.
Observasi pada tanggal 21 Januari 2020.
Observasi pada tanggal 30 Januari 2020.
Observasi pada tanggal 20 Februari 2020.
Observasi pada tanggal 26 Februari 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.