Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Demonstrasi di MTs N 2 Semarang

Mohammad Nabil Asyrof, Ali Bowo Tjahjono, Toha Makhsun

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih melalui metode demonstrasi di MTs Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data mengguakan observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskripti kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah : Upaya guru dalam meningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode demostrasi sudah selesai dengan ketentuan kemudian pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan adanya RPP yang sudah mencantumkan silabus dan juga bahan ajar, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi lebih efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pelaksanaan dengan menggunakan penugasan memberikan rangsangan kepada peserta didik juga lebih mudah untuh memahami pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peserta didik lebih aktif dalam berlangsungya proses pembelajaran, peserta didik juga lebih memperhatikan guru juga menjadikan peserta didik lebih mudah dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru kemudian Evaluasi pempelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 2 Semarang sudah sesuai dengan instrument penilaian.
Kata Kunci : metode demonstrasi, upaya guru, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.