Peningkatan Toleransi dan Prestasi Belajar Siswa Materi Ayo Cintai Lingkungan Melalui Metode Explicit Instruction Mapel PPKn Kelas IV SD Negeri Karangroto 02

Astutik Astutik, Muhammad Afandi, Sari Yustiana

Abstract


Prestasi belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan KKM yang sudah ada yaitu 70. Pembelajaran Explicit Instruction digunakan sebagai model pembelajaran berbasis secara langsung dengan bimbingan guru sehingga siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan mandiri dan mengacu pada keingintahuan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar PKn melalui pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media audio visual yang menarik pada siswa kelas IV. Peningkatan sikap toleransi siswa dalam pembelajaran Explicit Instruction dibuktikan menggunakan observasi dan nilai evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Karangroto 02 TA 2018/2019. Teknik pengumpulan data pada penelitian, meliputi observasi, dan tes. Adannya peningkatan sikap toleransi yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek prestasi belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 63% dengan kriteria baik dalam sikap toleransi pada siswa sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Adannya peningkatan nilai belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnnya. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 67,31%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimplkan bahwa pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan toleransi dan prestasi belajar di kelas V SD Negeri Karangroto 02.
Kata Kunci : Toleransi, Prestasi Belajar, Pembelajaran Explicit Instruction.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.