Hubungan Antara Berpikir Positif dan Efikasi Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Unissula
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dan efikasi diri dengan kecemasan berbicara di depan umum mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unissula. Populasi terdiri dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unissula dengan jumlah sampel 127 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala. Skala kecemasan berbicara di depan umum berjumlah 39 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,926 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,320 sampai 0,672. Skala berpikir positif berjumlah 33 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,924 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,318 sampai 0,664. Skala efikasi diri berjumlah 38 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,942 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,380 sampai 0,657. Analisis data menggunakan analisis regresi
dan parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan skor R = 0,327 dan Fhitung = 7,400 dengan 0,001 (p<0,05) yang menjelaskan bahwa ada antara hubungan berpikir positif dan efikasi diri dengan kecemasan berbicara di depan umum. Analisis hipotesis kedua menunjukkan skor rx1y = -0,201 dengan 0,024 (p<0,05) yang menjelaskan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan umum. Analisis hipotesis ketiga menunjukkan skor rx2y = -0,078 dengan 0,385 (p>0,05) yang menjelaskan bahwa ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan berbicara di depan umum.
Kata kunci : Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Berpikir Positif, dan Efikasi
Diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.