Kemampuan Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Kedungtuban Blora Mengintegrasikan 4 C dalam RPP Semester Gasal Tahun 2020/2021

Elfa Mahendra Prameswari, Bambang Sulanjari, Alfiah Alfiah

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru bahasa Jawa SMP Negeri 1 Kedungtuban Blora dalam mengintegrasikan unsur 4C (Communiaction, Collaboration , Critical thinking, Creativity) pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah RPP kelas VII, VIII, dan IX semester gasal karya guru bahasa Jawa SMP Negeri 1 Kedungtuban Blora yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan teknik
analisis data dengan model interaktif, meliputi mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan kemampuan guru mengintegrasikan unsur 4C yang dicermati melalui pengembangan indikator. Dari unsur 4C yang dicermati melalui indikator unsur Collaboration , Critical thinking, Creativity terdapat di tiap RPP. Sedangkan unsur Communiaction hanya terdapat pada empat RPP dari enam RPP yang dianalisis.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Jawa, 4C, RPP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.