IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS N 1 SEMARANG

Sunadi Sunadi, Moh Farhan

Abstract


Abstrak

Penelitian yang berjudul “ Implementasi Pembelajaran Aktif mata Pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang “ dengan mengangkat rumusan masalah bagaimana perencanaan pembelajaran aktif di MTS N 1 Semarang, bagaimana pelaksanaan mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang, dan bagaimana evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk menegtahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh penulis dari sumber data primer dan data skunder, sejarah berdirinya sekolah, visi dan misi, suasana pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih dan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis. Data yang sudah diperoleh dan dianalisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang sudah berjalan dengan baik.

            Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih.



Full Text:

PDF

References


Achmadi, Idiologi Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2010

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media, 2013

Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2014

Arifin, Filsafat Pendidikan Islam Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Aksara, 2016

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Intra Disipliner Edisi Revisi, Jakarta., PT Bumi Aksara, 2016

Basri Hasan, Landasan Pendidikan, Bandung, Pustaka Pelajar, 2012

Basyari Ahmad, Membangun Sekolah Islam Unggulan, Erlangga, 2017

Casoni, Pembelajaran Fiqih Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Ibadah, 2019

Daradjat Zakiah dkk, Metologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2001

Darmadi Hamid dkk, Pengantar Pendidikan Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi, Bandung, Alfabeta, 2018

Djamarah Bahri Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2010

Syafi’i Karim, Fiqih-Ushul Fiqih, Bandung, CV Pustaka Setia, 2001

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2003

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2000

Ginanjar Adhi. Active learning, 2020

Gunawan Heru, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung, Pt Remaja Rosda Karya, 2014

Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, UGM Press, 1995

Haidar, Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa, Jakarta, Renika Cipta, 2012

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, CTSD, 2002

Ismail Sukardi, Model dan Metode Pembelajaran Modern, Palembang, Tunas Gemilang, 2011

Moh. Nazir, PhD, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, 2014

Munib Ahmad dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang, Unnes Press, 2016

Mursidin, Pendidikan Agama Islam Berbasis Nasionalisme, dalam Jurnal Pendidikan Islam. Indonesia: Universitas Islam Bandung, 2019

Musfiqon, pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, jakarta, PT. Prestasi pustakaraya, 2012

Nyoto Harjono, EvaluasiI Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Sekolah Dasar, dalam Journal of Indonesian Language and Literature Education, Indonesia: Universitas Negeri Semarang, 2012

Saebani, Metodologi Penelitian, Bandung Pustaka Setia, 2008

Saifududin Azwar, MA, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1998

Sutrisno Hadi, metode research II, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1979

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, Bandung, CV Alfabeta, 2009

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta, 2003

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, PT Rosda Karya, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.