IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS N 1 SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian yang berjudul “ Implementasi Pembelajaran Aktif mata Pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang “ dengan mengangkat rumusan masalah bagaimana perencanaan pembelajaran aktif di MTS N 1 Semarang, bagaimana pelaksanaan mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang, dan bagaimana evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk menegtahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh penulis dari sumber data primer dan data skunder, sejarah berdirinya sekolah, visi dan misi, suasana pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih dan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis. Data yang sudah diperoleh dan dianalisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif mata pelajaran fiqih di MTS N 1 Semarang sudah berjalan dengan baik.
           Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih.
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Idiologi Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2010
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media, 2013
Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2014
Arifin, Filsafat Pendidikan Islam Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Aksara, 2016
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Intra Disipliner Edisi Revisi, Jakarta., PT Bumi Aksara, 2016
Basri Hasan, Landasan Pendidikan, Bandung, Pustaka Pelajar, 2012
Basyari Ahmad, Membangun Sekolah Islam Unggulan, Erlangga, 2017
Casoni, Pembelajaran Fiqih Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Ibadah, 2019
Daradjat Zakiah dkk, Metologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2001
Darmadi Hamid dkk, Pengantar Pendidikan Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi, Bandung, Alfabeta, 2018
Djamarah Bahri Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2010
Syafi’i Karim, Fiqih-Ushul Fiqih, Bandung, CV Pustaka Setia, 2001
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2003
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2000
Ginanjar Adhi. Active learning, 2020
Gunawan Heru, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung, Pt Remaja Rosda Karya, 2014
Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, UGM Press, 1995
Haidar, Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa, Jakarta, Renika Cipta, 2012
Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, CTSD, 2002
Ismail Sukardi, Model dan Metode Pembelajaran Modern, Palembang, Tunas Gemilang, 2011
Moh. Nazir, PhD, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, 2014
Munib Ahmad dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang, Unnes Press, 2016
Mursidin, Pendidikan Agama Islam Berbasis Nasionalisme, dalam Jurnal Pendidikan Islam. Indonesia: Universitas Islam Bandung, 2019
Musfiqon, pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, jakarta, PT. Prestasi pustakaraya, 2012
Nyoto Harjono, EvaluasiI Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Sekolah Dasar, dalam Journal of Indonesian Language and Literature Education, Indonesia: Universitas Negeri Semarang, 2012
Saebani, Metodologi Penelitian, Bandung Pustaka Setia, 2008
Saifududin Azwar, MA, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1998
Sutrisno Hadi, metode research II, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1979
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, Bandung, CV Alfabeta, 2009
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta, 2003
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, PT Rosda Karya, 2013
Refbacks
- There are currently no refbacks.