Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Matholi'ul Huda Pucakwangi Pati
Abstract
Dalam proses pembelajaran seorang pendidik diharuskan dapat membuat suatu pembelajaran yang aktif dan efisien, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Agar tercapai suatu tujuan yang telah di harapkan, seorang pendidik dituntut mampu menguasai materi dengan baik menguasai dalam penggunaan model maupun metode pembelajaran yang baik agar peserta didik mampu memahami yang telah disampaikan oleh pendidik. Ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya model problem based learning. Model problem based learning adalah salah satu pendekatan pemvelajaran dengan bercirikan adanya suatu permasalahan nyata. Permasalahan pada artikel ini akan difokuskan pada pertama, bagaimana perencanaan model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati, kedua bagaimana pelaksanaan model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati dan ketiga bagaimana evaluasi model problem based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang mana penulis lakukan di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Dari penelitian yang penulis lakukan, diperoleh hasil bahwa implementasi model problem based learning di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati sudah berjalan dengan baik.
Kata kunci: implementasi, model problem based learning, pembelajaran aqidah akhlak
Full Text:
PDFReferences
Darodjat, Darmiyati Zuchdi, Zamroni. 2016. “Model Evaluasi Pembelajaran Akidah dan Akhlak di MTS†Jurnal Peneltian dan Evaluasi Pendidikan volume 30 (hlm.13)
Dr. Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2010
Hosnan M, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014
Jumanta Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014
Majid Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2014
Muh. Asroruddin Al-Jumhuri, Belajar Aqidah Akhlak, Yogyakarta, CV Budi Utama, 2015
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2015
Supriadie Didi, Dermawan Deni, Komunikasi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offet, 2020
Syah Darwyan, Perencanaan Sistematis Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Gaung Persada Press, 2007
Warsono Hariyanto, Pembelajaran Aktif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.