Efektifitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak

Fina Naelul Muna, Moh Farhan

Abstract


Aqidah memiliki peranan penting dalam mendidik siswa, ruang lingkup aqidah yang dapat membentuk akhlak mulia akan mengantarkan manusia sebagai manusia yang mumpuni dalam segala aspek kehidupan. Dari ruang lingkup aqidah yang dijadikan terbentuknya manusia berakhlakul karimah, berarti manusia dapat menghindari akhlak tercela sebagai manifestasi dari ajaran-ajaran aqidah islam. Aqidah akhlak yang bersumber dari Qur’an dan hadits dijadikan pengembangan nilai spiritual yang dapat menghasilkan generasi berkualitas. Aqidah tidak terlepas dari akhlak, akhlak mulia menjadi cermin bagi kepribadian seseorang, disamping mampu mengantarkan seseorang kepada martabat yang tinggi. Pendidikan akhlak dapat dikatakan sebagai pendidikan moral dalam diskursus pendidikan islam  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran akidah akhlak pada siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak, pembentukan karakter religius pada siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak dan efektifitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius pada siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi.  Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MA Hidayatul Mubtadiin dalam membina untuk mewujudkan akhlak siswa memiliki pengaruh yang besar dan berjalan dengan baik dan efektif dimana siswa mampu belajar bagaimana berakhlak terhadap diri sendri, kepada orang tua, kepada sesama teman, masyarakat luas yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci : siswa, karakter religius, akidah akhlak, efektifitas

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. . PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Al Jumhuri, & Muh. Asroruddin. (2015). Belajar Aqidah Akhlak Sebuah Ulasan Ringkas tentang Asas Tauhid dan Akhlak Islamiyah. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ali , A. (2003). Studi Agama Islam. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Bougie, , S. (2013). Edisi 5, Research Methods for Busines s A skill Building Approach. New York. John wiley@Sons.

Dasar. Dalam,. (2019, Desember 21Http://Www.Elearningpendidikan.Com)).

Dian Chrisna, & dkk. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Yogyakarta.

Hadedar Nashir. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya. Yogyakarta: : Multi Presindo. .

Khoirunisa, N. (2013). PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER. SURAKARTA: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

kusaeri, a. (2018). Buku Pelajaran Akidah dan Akhlak Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. . Grafindo Media Pratama: Bandung.

Maimun, a., & zainul fitri, a. (2010). Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif. Malang: Uin Maliki Press.

Nata, A. (2006). Akhlak Tasawuf. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Roihon , A. d. (2015). Akidah Akhlak. Yogyakarta: Ombak.

Rosihon, & Saehudin. (2019). . Akhidah Akhlak. Edisi Kedua. Bandung: Pustaka Setia.

Salim, H., & Kurniawan, S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yyogjakarta: Ar-ruzz Media.

Setiawan., A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Suhadi, Octen. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Referensi Pembelajaran untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Erlangga.

Sumiarti. (2016). Ilmu Pendidikan. Purwokerto: Stain Press.

Tim Reviewer Mkd. (2014). Pengantar Studi Islam. Surabaya: Uin Sa Pers.

Wahyudi, D. (2017). Pengantar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.

Abdul Majid, Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. 2013.

Abuddin Nata. Akhlak Tasawuf. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. 2006.

Agus Maimun, Agus Zainul Fitri. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif. Malang : Uin Maliki Press. 2010.

Al Jumhuri, Muh. Asroruddin. Belajar Aqidah Akhlak. Sebuah Ulasan Ringkas tentang Asas Tauhid dan Akhlak Islamiyah. Yogyakarta. Deepublish Publisher. 2015.

Ali Anwar Yusuf. Studi Agama Islam. Bandung. Cv Pustaka Setia. 2003.

Bougie, Sekaran. Edisi 5, Research Methods for Busines s: A skill Building Approach. New York. John wiley@Sons. 2013.

Burgess, RG.. In Field : An Introduction of Field Research. London. Routledge. 2002.

Dasar. Dalam, (Http://Www.Elearningpendidikan.Com), Diakses 21 Desember 2019.

Dian Chrisna, Dkk. Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa†Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. Yogyakarta. 2017.

Elearning Pendidikan. Membangun Karakter Religius Pada Siswa Sekolah. 2011.

Hadedar Nashir. Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo. 2013.

Hajar, Ibnu. Dasar-dasar Metodologi Kuantitatif dalam Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo. 1999.

Hamdayana, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2014.

Hamka. Pelajaran Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang. 2004.

Heri Cahyono. Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religiusâ€, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro (Um Metro). 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.