ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan penalaran analogi siswa SMP dalam memecahkan masalah fungsi ditinjau dari tingkat kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Dengan Instrumen tes dan wawancara. Penelitian menggunakan 6 subjek dari 39 siswa kelas VIII SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Hasil penelitian ini adalah (1) kelompok siswa dengan kemampuan analogi tinggi yaitu dapat memenuhi semua indikator penalaran analogi dengan baik yakni structuring, mapping, applying, dan verifying, (2) kelompok siswa dengan kemampuan analogi sedang dapat memenuhi indikator structuring dan mapping dengan baik, namun pada tahap applying dan verifying cukup melakukannya, (3) kelompok siswa dengan kemampuan analogi rendah hanya cukup memenuhi indikator structuring, sedangkan pada tahap mapping, applying, dan verifying siswa dengan kemampuan ini tidak mampu melakukannya
Kata Kunci: Penalaran, Analogi, Pemecahan Masalah, Fungsi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.