Kemampuan Konstruksi Bukti Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Eksponen Negatif

Naini Fatmawati, Mochamad Abdul Basir, Dyana Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam melakukan konstruksi bukti dalam menyelesaikan soal eksponen negatif. Kemampuan konstruksi bukti yang dimaksud adalah kemampuan siswa dalam memahami sistematika bukti dan  cara siswa menyusun pembuktian berdasarkan apa yang dipahaminya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data siswa-siswi kelas X MIPA 1 SMA Karanganyar Demak tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menyatakan bahwa konstruksi bukti siswa pada permasalahan soal eksponen negatif menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kemampuan tinggi mampu mengidentifikasi data, tujuan, aturan eksponen, dugaan konsep kunci, dan kesimpulan; (2) siswa dengan kemampuan sedang mampu mengidentifikasi data, tujuan, dugaan konsep kunci, serta kesimpulan. Namun siswa dengan kemampuan sedang gagal dalam mengaitkan pembuktian dengan aturan eksponen; (3) siswa dengan kemampuan rendah mampu mengidentifikasi data dan tujuan pembuktian. Namun siswa dengan kemampuan rendah gagal dalam mengaitkan pembuktian dengan aturan eksponen, membuat dugaan konsep kunci, dan memberikan kesimpulan.

Full Text:

PDF

References


Agustin, K., & Linguistika, Y. (2012). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X Pada Evaluasi Materi Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bilangan Bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY : Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, 471–486.

Angraini, P., & Prahmana, R. C. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma di SMK. Journal of Honai Math, 1(1), 1–13.

Balacheff, N. (2014). Bridging Knowing and Proving in Mathematics: A Didactical Perspective. Explanation and Proof in Mathematics: Philosophical and Educational Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-0576-5_9

Faruq, A. (2014). Analisis Struktur Argumentasi dan Kemampuan Mengkonstruksi Bukti Matematika Siswa Sekolah Menengah. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fatmawati, N., Karim, G. S., & Wijayanti, D. (2019). Alternative in Providing Proof of Negative Exponent for Junior High School Students. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika).

Fuat, F., Nusantara, T., Irawan, E., & Irawati, S. (2019). Students ’ mathematical conviction in Mathematics proof. Earth and Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012133

Hadi, S. (2016). Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Bukti Bentuk Biimplikasi Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan. JIPMat, 1(1).

Jessica, C. (2019). Analisi Konstruksi Bukti Siswa Kelas X Pada Materi Logaritma. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif (Pertama; N. Retnowati, Ed.). Surabaya: Zifatama.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics (NCTM).

Pinahayu, E. A. R. (2015). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. 5(3), 182–191.

Polya, G. (1973). How to solve it 2nd. New Jersey: Princeton University.

Ramazan, A. (2010). Eight Graders ’ Capabilities In Exponents : Making Mental Comparisons. 5(1), 39–48.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sentosa, C. A. H. F. (2013). Mengatasi kesulitan mahasiswa ketika melakukan pembuktian matematis formal. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 152–160.

Sumardyono. (2018). Kemampuan Guru dalam Menyusun Bukti Matematis. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(8), 510–522. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Sumarmo, U. (2011). Advanced Mathematical Thinking dan Habit of Mind Mahasiswa (Bahan Kuliah). PPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Ulusoy, F. (2019). Serious Obstacles Hindering Middle School Students ’ Understanding of Serious Obstacles Hindering Middle School Students ’ Understanding of Integer Exponents. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 5(1), 52–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.