Implementasi Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Wudhu Di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen-Demak

Aini Maghfiroh, Ali Bowo Tjahjono

Abstract


Materi fiqh pada dasarnya berhubungan dengan syari’at dalam agama Islam baik yang berkaitan dengan ibadah dan muamalah. Materi fiqh yang berkaitan dengan syari’at dan praktek secara otomatis mengidikasikan adanya materi-materi yang berkaitan dengan manusia. Oleh sebab itu, dalam penyampaiannya tidak mengandalkan metode yang klasik seperti ceramah, melainkan harus ada peran aktif dari peserta didik itu sendiri. Salah satu contoh materi fiqh yang tidak maksimal jika hanya mengandalkan metode ceramah yaitu materi thaharah atau wudhu, karena pada materi wudhu memiiki unsure praktek.Untuk menjembatani ketepatan dalam pembelajaran fiqh maka di perlukan sebuah metode, metode yang tepat adalah metode demonstrasi. Berawal dari masalah tersebut, dalam penulisan ini bertujuan untuk membahas  implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih materi wudhu di Mts Futuhiyah 2 Mranggen Demak. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian field research dimana penulis mengumpulkan data secara langsung dilapangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan metode demonstrasi mata pelajaran fiqih materi wudhu di MTs Futuhiyyah 2 sudah efektif karena sesuai dengan yang diharapkan dan mampu mencapai tujuan kegiatan. Saran dari peneliti, Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat kompleks, sehingga membutuhkan metode-metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.