PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)

Dewi Indah Yuniati, Winarsih Winarsih

Abstract


ABSTRAK
Agresivitas pajak didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh manajemen sebagai upaya untuk mengurangi laba kena pajak perusahaan melalui perencanaan pajak yang dilakukan secara legal maupun ilegal. Tindakan agresivitas yang dilakukan oleh perusahaan akan mempengaruhi pencapaian target penerimaan negara dari sektor pajak yang nantinya akan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel corporate social responsibility, profitabiltas yang dinyatakan dengan ROA (Ratio on Asset) dan leverage terhadap agresivitas pajak yang diproksikan dengan ETR (Effective Tax Rates). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Terdapat 26 bank umum konvensional yang dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility, profitabilitas dan leverage masing-masing berpengaruh terhadap tindakan agresivitas pajak perusahaan. Gabungan ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh sebesar 23,7% terhadap agresivitas pajak.
Kata kunci: Agresivitas pajak, corporate social responsibility, profitabilitas, leverage


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.