DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN

Alfian Restu Hari Pambudi, Indri Kartika

Abstract


ABSTRAK
Nilai perusahaan merupakan sudut pandang para investor terhadap tingkat
keberhasilan perusahaan yang berkaitan dengan harga saham. Para investor dapat
melihat laporan keuangan untuk menilai baik atau buruknya kinerja keuangan
perusahaan sebelum melakukan investasi kepada perusahaan. Nilai perusahaan
diukur dengan Tobin’s Q. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap
nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020.
Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 327
sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan. Data
dianalisis menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan, leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran
perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan pertumbuhan
penjualan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan,
Pertumbuhan Penjualan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.