PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Aditya Darmawan

Abstract


Abstrak
Tujuan perusahaan pada umumnya adalah memperoleh laba. Akan tetapi laba
yang besar belum tentu memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan salah satu daya tarik dari perusahaan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh profitabilitas, leverage dan investment opportunity set terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2011- 2014. Populasi yang dipilih adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI tahun
2011-2014 sebanyak 17 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik metode purposive sampling dengan jumlah data 68 sampel dari 17
perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Profitabillitas dan Leverage
tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Invesment
Opportunity Set berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: profitabilitas, leverage, investment opportunity set, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.