Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kedai Kopi X di Kabupaten Tasikmalaya

Halim Qista Karima, Dina Rachmawaty, Encep Fauzi Sidik

Abstract


Perkembangan bisnis kedai kopi dipengaruhi oleh perkembangan sosial ekonomi masyarakat dan pergeseran gaya hidup. Kondisi inilah yang memacu untuk tumbuhnya kedai-kedai  kopi  dengan mengusung  berbagai macam konsep  dalam  upaya  meningkatkan  kepuasan  konsumen. Kedai kopi X merupakan salah satu kedai kopi yang berada di kabupaten Tasikmalaya yang termasuk dalam tahap perkembangan. Terjadinya penurunan jumlah konsumen di Kedai kopi X membuat usaha ini tidak mencapai target yang telah ditentukan dan semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen. Guna meningkatkan hal itu, perlu dilakukan analisis yang bertujuan dapat mengetahui kepuasan konsumen terhadap Kedai kopi X. Tingkat  kepuasan konsumen dapat diukur dengan mengunakan  instrumen  dimensi  bukti  fisik  (tangible),  kehandalan (reliability),  ketanggapan  (responsiveness),  jaminan  (assurance),  dan perhatian (empathy). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan dari hasil penelitian dengan menggunakan metode CSI didapatkan hasil sebesar 36.12% yang berarti konsumen kurang puas terhadap pelayanan yang telah disuguhkan.

Full Text:

PDF

References


E. R. Lestari, Manajemen Inovasi : Upaya Meraih Keunggulan Kempetitif. Malang UB Press, 2019.

D. Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara, 2022.

Suwarto, Rohwiyati, and Giyono, “PENGARUH DIMENSI-DIMENSI SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ( Studi Pada Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Karanganyar ),†Smooting, vol. 20, no. 1, p. pp 1-9, 2022.

S. Riyadi and A. Yulianto, “Pengaruh pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli, Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia,†Accounting Analysis Journal, vol. 3, no. 4, 2014.

A. Purwanto, M. Asbari, and P. B. Santoso, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi ISO 9001, ISO 14000 dan ISO 45001 Pada Industri Otomotif,†Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, vol. 6, no. 2, 2019.

I. A. Syarif, E. Prihartanto, and E. B. Priyana, “FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA DI PESISIR BARAT KOTA TARAKAN,†Jurnal Borneo Saintek, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2021.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,†Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

S. H. A. Syukri, “Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis gap pada kualitas pelayanan Trans Jogja,†2014.

H. R. Amri and R. T. Subagio, “Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen,†Jurnal Sistem Cerdas, vol. 3, no. 3, pp. 241–252, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jurti.1.2.94-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknik Industri diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia