Pengembangan E-Comic Berbasis Plurikultural Berbantuan AI untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA
Abstract
Media BIPA yang menggabungkan budaya dan pembelajaran bahasa masih sangat kurang, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic berbasis plurikultural berbantuan AI untuk meningkatkan kemampuan berbicara pemelajar BIPA level dasar yang valid. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) model Borg & Gall yang diadaptasi menjadi 7 langkah. Subjek penelitian ini adalah pemelajar BIPA level 1 Universitas Negeri Surabaya berjumlah empat dari tiga negara berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah, wawancara, studi dokumen, dan angket validitas. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yakni, pedoman wawancara, dan angket validitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasilnya penelitian ini berhasil mengembangkan produk e-comic berbasis plurikultural berbantuan AI deangan menyelesaikan 7 langkah proses pengembangan yakni, (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi. Adapun kevalidan media dinyatakan sangat layak atau valid sesuai kategori penilaian karena memperoleh nilai kevalidan sebesar 98,8%. Dengan demikian penelitian ini berhasil mengembangkan media e-comic berbasis plurikultural berbantuan AI untuk meningkatkan kemampuan berbicara pemelajar BIPA level dasar yang sangat valid.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, W. S., Septiani, P., Sarti, S., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan E-comic Berbasis AI “Petinju” (Petualangan Tino Jujur) tentang Materi Perilaku Terpuji pada Pembelajaran PAI Kelas 3 SD Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 243–263. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6956.
Asteria, P. V., Rofiuddin, A., Suyitno, I., & Susanto, G. (2023). Indonesian-Based Pluricultural Competence in BIPA Teachers’ Perspective. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 190–201. https://doi.org/10.32601/ejal.901016.
Asyah, J., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 803. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14851.
Azizah, A., Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 79-82. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.1-4.
Dahlena, S., & Asnawi, A. (2024). Media Pembelajaran dalam Pengajaran BIPA. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 74-86. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3509.
Fitri, A. N., Rahmattullah, M., Nor, B., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Padlet pada Materi Inflasi Kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 130-138. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p130-138.
Fuad, M., Wibowo, E., & Ulfiyani, S. (2024). Unsur Budaya dalam Buku BIPA Sahabatku Indonesia untuk Penutur Bahasa Inggris. Journal of Education Research, 5(4), 4362–4370. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1577.
Handayani, L., & Isnaniah, S. (2020). Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Sahabatku Indonesia dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 25-35. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.8.1.25-35.
Hasna, A. F., & Rakhmawati, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Asesmen Diagnostik Teks Puisi SMP Negeri 12 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 73-79. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.73-79.
Husna, K., & Khaerunnisa, K. (2022). Implementasi Budaya dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA Level 2. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 39–54. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.8.
Idris, N. S., & Muftia, S. N. (2021, November). Verbal and Nonverbal Communication in American Culture and its’ Implications for BIPA Teacher’s Intercultural Competence. In Fifth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2021) (pp. 525-530). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211119.081.
Ike, Y. I. C., & Rohman, U. (2024). Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Education Action Research, 8(3), 468-477. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.81639.
Karina, S., Wurianto, A. B., & Prihatini, A. (2023). Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 75. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15512.
Lailiyya, N. K., & Asteria, P. V. (2024). Fungsi Etika Berkomunikasi Berbasis Plurikultural dalam Buku Ajar BIPA Terbitan Kemendikbud. Bapala, 11(3), 98–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/62023.
Li, P., & Lan, Y. J. (2022). Digital Language Learning (DLL): Insights from Behavior, Cognition, and The Brain. Bilingualism: Language and Cognition, 25(3), 361-378. https://doi.org/10.1017/S1366728921000353.
Muzakki, A. (2022). Cross-Cultural Communication Problems in BIPA Learning. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 6(1), 39-49. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-85-5_25.
Novianti, L. D., & Asteria, P. V. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Tema Wisata Surabaya Bermuatan Plurikultural bagi Pemelajar BIPA Level 1. Bapala, 12(1), 271-284. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/66386.
Nurwanandi, H. W., & Asteria, P. V. (2023). Pengembangan Video Interaktif Etika Bertamu Berbasis Plurikultural bagi Pemelajar BIPA Madya. Bapala, 10(2), 98–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54107.
Okpatrioka, O. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154.
Prasanty, A. B., & Nurlina, L. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Pengajaran BIPA: Tinjauan Literatur. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 4(1), 57-67. https://doi.org/10.51878/educator.v4i1.3350.
Putra, S. J., Ardy, R. F. P., & Herdianto, H. (2024). Perancangan Komik Cerita Rakyat “Doyan Nada” untuk Melestarikan Cerita Tradisional Suku Sasak pada Kalangan Pemuda di Pulau Lombok. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(4), 503–517. https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.7125.
Ramadloni, S., Muliastuti, L., & Anwar, M. (2022). Pemanfaatan Laman BIPA Daring sebagai Media Pembelajaran BIPA Berkonteks Kearifan Lokal di ASEAN. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i1.4723.
Rhubido, D., Shodiq, S., & Asteria, P. V. (2023). Creating Indonesian Academic Vocabulary by Using the Ant Word Profiler Program to Academic Writing for BIPA Learning. Kembara: Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 9(2), 623–637. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i2.22097.
Safitri, A., & Rohmah, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Materi Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 83-93. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.5-13.
Saprika, O. T., & Asteria, P. V. (2023). Pengembangan Video Interaktif Kuliner Nusantara Bermuatan Implikatur pada Pemelajar BIPA Madya. Bapala, 10(2), 243-257. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54280.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kauntitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utama, A. W., Rohim, F. N., Tiranita, G., Prihartanti, N., & Saddhono, K. (2024). Inovasi dalam Pembelajaran BIPA: Pemanfaatan Dodol Garut sebagai Pengajaran Kuliner yang Menarik. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 20-31. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.20-31.
Wibowo, L. H., & Asteria, P. V. (2023). Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Norma Aktivitas Sehari-hari Berbasis Plurikultural bagi Pemelajar BIPA Madya. Bapala, 10(3), 257-273. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54672.
Wiratsih, W., Gustyawan, T., Handayani, L., & Irianto, I. S. (2023). Pengembangan Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA Tingkat B1 (CEFR) di Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Metode Bermain Peran. Prasi, 18(02), 112-125. https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.62397.
Wu, C., Yin, S., Qi, W., Wang, X., Tang, Z., & Duan, N. (2023). Visual Chatgpt: Talking, Drawing and Editing with Visual Foundation Models. arXiv preprint arXiv:2303.04671. https://arxiv.org/abs/2303.04671.
Yuniatin, A., & Asteria, P. V. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Bapala, 9(2), 142–152. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/45435.
DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.2.14-23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).
