Peningkatan Keterampilan Bercerita Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Sebewe

Gustia Haryati, Afifah Istiqomah, Tusana Nurul Safaah

Abstract


Perkembangan anak adalah proses yang kompleks dan berkelanjutan yang mencakup berbagai komponen perkembangan, seperti fisik, kognitif, sosial-emosional, dan perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa sangat penting karena sangat penting untuk membangun kemampuan anak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Bahasa membantu anak mengungkapkan ide, perasaan, dan pemahaman tentang dunia sekitarnya dengan menggunakan simbol. Untuk memastikan bahwa kemampuan bahasa anak dapat berkembang secara optimal, stimulasi yang tepat dan terarah adalah salah satu metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana metode bercerita dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak-anak berusia lima hingga enam tahun. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan deskriptif, dan tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang proses dan hasil penggunaan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berusia antara lima dan enam tahun di TK Dharma Wanita Sebewe. Selama proses pembelajaran, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Kegiatan bercerita dilakukan secara sistematis dengan memilih tema, isi cerita, dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan tahap perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan bercerita memberikan efek positif pada perkembangan kemampuan bahasa anak. Anak-anak meningkatkan kemampuan berbicara mereka dengan menggunakan kosakata yang lebih beragam dan membuat kalimat yang lebih panjang, jelas, dan runtut. Anak-anak juga lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dan menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan guru mereka. Metode bercerita tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, tetapi juga meningkatkan imajinasi, kemampuan menyimak, dan pemahaman kontekstual tentang apa yang dimaksud dengan bahasa. Metode bercerita dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dan mendukung kesiapan anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.


Keywords


anak usia dini; metode bercerita; PAUD; perkembangan bahasa

References


Afdal, U., Ilyas, S. N., Musi, M. A., & Sulistiyani, N. (2024). Efektivitas Metode Bercerita terhadap Kemampuan Bahasa Melalui Buku Bergambar pada Anak Usia 5-6 Tahun. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(2), 351-358. https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i2.3592.

Apriani, D. (2023). Manfaat dan Tujuan Mendongeng dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). SIGNIFICANT: Journal of Research and Multidisciplinary, 2(02), 78-87. https://doi.org/10.62668/significant.v2i02.865.

Ashari, A. T. (2024). Strategi Guru dalam Perkembangan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini dengan Metode Cerita Bergambar. Jurnal Global Ilmiah, 1(10), 340-350. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i10.102.

Azis, A. R. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Metode Mendongeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 43-54. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2483.

Dewi, N., & Nasaruddin, R. (2025). Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 3(2), 457-474. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/485.

Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., Yarmi, G., Wulan, S., Canty, A., & Novita, D. (2021). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Diana, N. S. (2024). Pengembangan Media Play Bag dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ar-Ridho Sukorejo Bojonegoro (Skripsi Sarjana, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri). https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6950.

Elena, W. (2025). Upaya Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Papan Flanel (Skripsi Sarjana, Universitas Mohammad Husni Thamrin). https://eresources.thamrin.ac.id/id/eprint/4927.

Ernasari, S., Hidayati, L., & Hidayat, Y. (2025). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual terhadap Kecerdasan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Mawar, Banjarsari. Jurnal Intisabi, 2(2), 244-257. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i2.92.

Fathon B, S. A., Yulizah, Y., & Yunita Putri, R. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita dengan Media Buku Siroh pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Melati (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Curup). https://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7036.

Hartati, S., & Fitria, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Dongeng di Kelompok Bermain Az-Zakiyyah. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-12. https://dx.doi.org/10.31000/ceria.v5i2.546.

Helvionita, V. (2023). Metode Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Wacana Umat, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.56783/jwu.v8i1.11.

Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak (Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Irnawati, I., & Nuraeni, L. (2024). Boneka Tangan dalam Meningkatkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(1), 108-114.

Islamiyah, B. S. (2025). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hudan Linnas Kota Madiun (Skripsi Sarjana, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/34695.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Musfiroh, T. (2008). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurgiantoro, B. (2024). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak Edisi Revisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nursalim, A., Nurillah, D., Zuhro, N. S., & Susanti, M. (2023). Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Kemampuan Mendengar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7019-7029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5672.

Nuryawati, H. (2024). Penerapan Metode Cerita untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Guru, 1(1), 90-98. https://journal.barkahpublishing.com/index.php/jppg/article/view/94.

Pakpahan, S. H., Butar, M. L. E. B., & Situngkir, L. D. M. (2025). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK GKPI Tarutung Kota Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(2), 3618-3628. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/2097.

Pratiwi, E., Yuandana, T., & Khosiyana, N. (2023). Dongeng Dunia Mangrove Berbasis Augmented Reality untuk Melestarikan Objek Wisata Pesisir bagi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 84-97. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.

Putri, F. A., Yuniarti, Y., & Sutrisno, S. (2024). Analisis Penggunaan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 7-15. https://doi.org/10.29406/jepaud.v12i1.5866.

Rabi’atululiah, R. A., Muazzomi, N., & Rosyadi, A. F. (2024). Analisis Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 312-321. https://doi.org/10.52266/pelangi.v6i2.1792.

Rahayu, E. Y., Widyaningrum, A., Purwanto, S., Rustipa, K., & Soepriatmadji, L. (2023). Pengenalan Kosakata Sederhana pada Siswa TK Islam Bhakti 02 Semarang untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pasca Covid-19. Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 95-106. https://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.95-106.

Rahmadani, A. S., & Amal, A. (2024). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di KB Nur Suci Kabupaten Pangkep. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 150-158. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.17526.

Rohullah, R. (2017). Pengaruh Perilaku Bahasa Dalam Masyarakat terhadap Mutu Pendidikan dan Perkembangan Sikap/Karakter pada Anak Usia Dini. Paper Presented at The Proceedings Education and Language International Conference, Semarang. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1289/996.

Rosyida, N. F., Mustafiah, I., April, N. D. R., Kelen, R. P., Hanif, D. A., & Fauziah, M. (2024). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun dengan Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif: Analisis Komponen Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 737-745. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.808.

Rusmaeni, J., Wildan, N. H., & Hayati, D. J. (2024). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar pada Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di RA As-Shibyan Jurit. Jurnal Pendidikan Aura (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 97-105. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1747.

Safitri, N., Rusmayadi, R., Syamsuardi, S., Herlina, H., Suardi, S., & Herman, H. (2025). Pemanfaatan Cerita Bergambar Berbasis Digital untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 284-399. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1052.

Saputri, F. T., Amanda, D., Pajira, N., Naibaho, M. A., Meipia, T. A., & Putri, A. (2024). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini melalui Penggunaan Metode Bercerita. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 62-65. https://doi.org/10.5281/zenodo.12509100.

Shofia, S., & Dirgayunita, A. (2024). Studi Literatur Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Bercerita. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 76-93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.979.

Simamora, M. S., & Sitorus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ronatama. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 24-34. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.959.

Suhaeti, T., Fajarwati, A., & Sampurna, I. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita melalui Pemanfaatan Media Panggung Boneka pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik, 1(1), 102-110. https://jurnal.p3msm.id/index.php/sm/article/view/13.

Suyadi, S. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2011). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trisilaningsih, Y., Priyanti, N., & Wening, W. R. (2025). Penerapan Media Ritatoon dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Bemas: Jurnal Bermasyarakat, 5(2), 173-178. https://doi.org/10.37373/bemas.v5i2.1345.

Turahmat, T., Wardani, O. P., & Wijayanti, R. (2019). Storytelling pada Peserta Didik TK Senyiur Indah Semarang Bermuatan Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 176–186. https://dx.doi.org/10.30659/j.7.2.176-186.

Wulandari, N. D., Abubakar, S. R., Hidayat, A., & Hasanah, N. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Bercerita Menggunakan Media Papan Cerita: Improving The Speaking Ability of Children Age 5-6 Years Through Storytelling Activities Using Storyboard Media. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 8(2), 278-285. https://doi.org/10.36709/rgap.v8i2.561.

Ardiani, K., Yenita, R., & Wantini, W. (2025). Implementasi Kegiatan Melukis Berbasis Tema Cerita terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5–6 Tahun di TKIT Anakku Setu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 254-262. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34144.




DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.2.14-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).