Pop-Up Book Petualangan Si Kater Memotivasi Anak Memahami Unsur Cerita di Komunitas
Abstract
Minat baca dan kemampuan memahami unsur cerita pada anak sering kali dipengaruhi oleh media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media yang menarik secara visual dan melibatkan partisipasi aktif anak dapat membantu memahami tema, tokoh, latar, alur dan amanat dengan lebih mudah. Buku pop up dengan tampilan tiga dimensi yang interaktif, memberikan pengalaman membaca yang berbeda dan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Buku Pop Up Petualangan Si Kater sebagai media pembelajaran kreatif untuk memotivasi anak memahami unsur cerita di Komunitas Yuk Belajar Seni Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes pemahaman unsur cerita dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 18 anak tingkat sekolah datar dengan kisaran umur 7-12 tahun yang mengikuti kegiatan komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku pop up dengan elemen visual interaktif mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi anak dalam mempermudah memahami unsur intrinsik cerita yang meliputi tema, tokoh, latar, alur dan amanat. Dengan demikian, Buku Pop Up Petualangan Si Kater efektif digunakan sebagai media pembelajaran kreatif di komunitas untuk memotivasi anak memahami unsur cerita.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurahman, F. Z. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita Anak melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas V SD Negeri Serangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1), 273-277. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2127.
Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49-57. https://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.49-57.
Annisa, N. F. (2024). Perancangan Buku Pop Up tentang Hewan Laut sebagai Media Pembelajaran Bercerita untuk Anak PAUD Intan. (Tugas Akhir, Politeknik Harapan Bersama). https://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4657.
Aprilia, A. G., Tobing, D. R. V., & Sihotang, H. (2022). Kajian Sosiolingusitik: Alih Kode dan Campur Kode pada Video YouTube Gita Savitri Devi yang Berjudul Toxic Positivity. Sinastra: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1(1), 547-554. https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6151.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsanti, M., Wardani, O. P., Chamalah, E., Azizah, A., Setiana, L. N., & Turahmat, T. (2024). Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Sejak Dini melalui Pelatihan Mendongeng Bagi Ibu-Ibu Kelompok Dawis Kacang Tanah III, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 99-108. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.3659.
Atobatele, F., Kpodo, P., & Eke, I. (2024). A Systematic Review of Learning Community Impacts on International Student Success. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(3), 421-439. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i3.967.
Aulia, H. R., & Rochmat, M. C. (2018, December). Optimalisasi Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Pop Up. In Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) 2018.
Azizah, A., Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 79-82. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.1-4.
Clarke, S. (2021). Learning Communities in Education: A Matter of Diverse Definitions, Understandings, Enactments, and Contexts. Professional Development in Education, 47(4), 557-559. https://doi.org/10.1080/19415257.2021.1946744.
Colliver, Y., Arguel, A., & Parrila, R. (2021). Formal Literacy Practices Through Play: Exposure to Adult Literacy Practices Increases Child-Led Learning and Interest. International Journal of Early Years Education, 29(1), 6-24. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1779668.
Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. (2021). Developing Bilingual Pop-Up Book Media on the Material About Ayam Jago Baru Fairy Tales for Students’ Speaking Skills. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 16.https://doi.org/10.33578/10.33578/jpfkip.v10i1.8044.
Firman, F. (2018). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/4nq5e.
Girsang, M., Ginting, B. B. T. P., Tamba, A. R. P., Samosir, A. C., & Kianlin, J. A. (2023). Intrinsic Elements in Digital Short Stories ‘The Oval Potrait” by Edgar Alan Poe. Journal of Language, 5(1), 241-247. https://doi.org/10.30743/jol.v5i1.6737.
Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2907-2920. https://doi.org/10.58230/27454312.989.
Hasan, H., Bora, M. A., Afriani, D., Artiani, L. E., Puspitasari, R., Susilawati, A., Dewi, P. M., Asroni, A., Yunesman, Y., Merjani, A., & Hakim, A. R. (2025). Metode Penelitian Kualitatif. Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group. https://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720.
Indrastuti, N. S. K. (1997). Alih Kode dan Campur Kode dalam Siaran Radio: Analisis Sosiolinguistik. Humaniora, 5(1), 38-45. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/1878/1685.
Ironi Anak Indonesia Bisa Baca, tidak Paham Isi. (2022, Juni 10). Media Indonesia. https://epaper.mediaindonesia.com/detail/a-1818.
Israhayu, E., Fauzan, A., & Fathonah, S. (2022). Buku Pop Up dan Implementasinya sebagai Sarana Media Pengembangan Literasi Anak Usia Dini bagi Guru PAUD di Kabupaten Banyumas. Ruang Kata, 2(2), 108-117. https://doi.org/10.53863/jrk.v2i02.690.
Jannah, M., Sundari, N., & Fitriani, Y. (2025). Penggunaan Media Visual Pop Up Book untuk Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 4–5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 332-344. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1001.
Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662.
Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas IV MIN 1 Serang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155-166. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3700.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98-106. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2866.
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.
Marwan, I. (2016). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Universum, 10(2), 191-198. https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.747.
Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 23-32. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154.
Ningsih, F. S., & Ulya, H. K. (2024). Pemanfaatan E-Book sebagai Sumber Belajar pada Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 4(1), 45-53. https://doi.org/10.62825/revorma.v4i1.98.
Ningsih, T., Julida, C., & Sari, R. (2021). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Keterampilan Berbicara Siswa MIS Al-Asriyah Langsa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 104-119. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.2581.
Nugraheni, S. O. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Cerita Legenda dengan Buku Pop-Up untuk Siswa SMP Kelas VIII di Kabupaten Pati. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Semarang). https://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22176.
Nuraini, E. (2022). Intrinsic Elements in A Collection of Short Story by Oscar Wilde and The Implication of Learning English in Senior High School. Griya Cendikia, 7(2), 254-265. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.251.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurkhasyanah, A., Asriani, A., Apriloka, D. V., & Triani, L. (2024). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini dengan Menggunakan Buku Bercerita Bergambar. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 235-246. https://doi.org/10.46306/jas.v3i2.69
Nurlianiati, M. S., Hadi, P. K., & Meikayanti, E. A. (2019). Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4530.
Nurrohmah, I., Kasiyun, S., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Keterampilan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 74-81. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18126.
Nuryana, I. W. (2019). Unsur Intrinsik dan Permasalahan Sosial dalam Cerpen Ulian Lacur Karya Nengah Rusmadi. Kalangwan: Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 9(2), 159-167.
Purnomo, A., , W., Astuti, T., & , S. (2020). Strengthening Students' Critical Knowledge of Controversial Issues in Social Studies Classroom. Journal Of Southwest Jiaotong University, 55(5). https://doi.org/10.35741/ISSN.0258-2724.55.5.22.
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Karawang: Saba Jaya Publisher.
Rahmawati, N. F. (2020). Penggunaan Media Pop Up dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MA Matholi’ul Falah Sumanding Kembang Jepara. (Skripsi Sarjana, IAIN Kudus).
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santika, W., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Si Kancil dan Buaya Kelas IV Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 7-11. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762.
Setiana, L. N., Nuryatin, A., Supriyanto, T., & Setyaningsih, N. H. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pendidikan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 364-367. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/914.
Sirojuddin, S. (2018). Dampak Komunitas Belajar Terhadap Minat Belajar Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan, 6(1), 58-63. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i1.108.
Sitorus, M., Nasution, A., Sunya, A., & Lubis, M. (2024). Implementasi Pop Up Book dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Anak Usia Dini. Childhood Education, 5(2), 300-309. https://doi.org/10.53515/cej.v5i2.6345.
Sunarti, M., Helvina, M., & Yufrinalis, M. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Baca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng pada Siswa Kelas III SDK 077 Kewapante. Journal on Education, 5(3), 6609-6617. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1440.
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of Augmented RealityBased Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331-344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a.
Triani, S. H. N., & Nuryanto, S. (2024). Pop-Up Book Learning Media Used with The Problem Based Learning Model to Determine Characters in Fictional Stories. Mimbar PGSD Undiksha, 12(1), 130-140. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i1.72829.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-11. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857.
Widiastuty, H., Rahimah, S., Fajariah, Ningrum, R. L., Tasya, D. H., & Rezky, K. D. A. (2024). Transformasi Edukasi: Pemanfaatan Buku Pop-Up sebagai Media Pembelajaran Interaktif di MI Terpadu Berkah Palangkaraya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Judimas), 2(2), 385-393. https://doi.org/10.54832/judimas.v2i2.349.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.
Wulandari, A., & Hapsari, T. P. R. N. (2018). Pop-Up Legenda Sindoro Sumbing Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Literasi Siswa. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 130-139.
DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.2.65-74
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).
