Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Spotify pada Materi Cerpen Sejarah Kelas XI SMK

Heny Sulistyowati, Siti Maymatus Solehah, Dedi Irwansah

Abstract


Pembelajaran sastra, khususnya cerpen sejarah, di kelas XI SMK Dwija Bhakti masih menghadapi kendala rendahnya minat dan keterlibatan siswa akibat metode penyampaian yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio podcast berbasis Spotify yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerpen sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahap, mulai dari analisis kebutuhan hingga revisi akhir. Subjek penelitian meliputi siswa kelas XI SMK, guru Bahasa Indonesia, ahli materi, dan ahli media. Instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan lembar validasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media podcast memperoleh skor kelayakan sebesar 81,25% dari ahli materi, 87,5% dari ahli media, dan rerata respons siswa sebesar 83%, yang seluruhnya berada dalam kategori layak dan sangat layak. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan media podcast sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran sastra serta pengembangan lanjutan melalui platform yang lebih luas dan fitur interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.


Keywords


cerpen sejarah; media pembelajaran; podcast; SMK; spotify

References


Amelia, D. (2021). Pengembangan Media Podcast untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 233–245.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chan, A., & Lee, M. (2005). Podcasting in Education: Student Attitudes and Outcomes. Journal of Educational Multimedia, 12(4), 321–330.

Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching. New York: Dryden Press.

Dewi, D. P., Setyarum, A., & Nurmalisa, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Berbasis Flipbook 3D. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 1-10. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.1-10.

Herman, L. (2019). Podcast sebagai Media Pembelajaran Alternatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 127–138.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson.

Kay, R. H. (2012). Exploring The Use of Video Podcasts in Education: A Comprehensive Review of The Literature. Computers in Human Behavior, 28(3), 820-831. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.01.011.

Kemdikbud RI. (2013). Kurikulum 2013 Revisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemdikbud RI. (2017). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marwah, F. (2020). Tantangan Pembelajaran Sastra di SMK. Jurnal Pengajaran Bahasa dan Sastra, 18(2), 145–156.

McGarr, O. (2009). A Review of Podcasting in Higher Education: its Influence on The Traditional Lecture. Australasian Journal of Educational Technology, 25(3), 309–321. https://doi.org/10.14742/ajet.1136.

Mulyani, S. (2017). Pembelajaran Sastra di Era Digital. Jurnal Ilmu Budaya, 16(3), 201–214.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Mustakim, M. (2020). Pemanfaatan Platform Spotify sebagai Media Pembelajaran Mobile Learning. Jurnal Teknodik, 24(3), 89–101.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradana, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(2), 54–63.

Prasetyo, T. (2020). Media Digital dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 32–45.

Pratiwi, A., & Rahmawati, N. (2022). Penggunaan Podcast dalam Pembelajaran Narasi: Sebuah Studi Eksperimen. Jurnal Edukasi Bahasa, 10(2), 92–104.

Pratiwi, N., & Rachmawati, F. (2022). Efektivitas Podcast dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(2), 115–128.

Putri, A. (2020). Spotify sebagai Media Penyampaian Konten Pendidikan bagi Generasi Z. Jurnal Komunikasi Digital, 5(1), 14–29.

Rachman, Y. (2022). Cerpen Sejarah sebagai Media Pembentukan Karakter. Jurnal Humaniora dan Pendidikan, 7(1), 73–82.

Rahmawati, S. (2021). Media Audio sebagai Inovasi Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Literasi Nusantara, 5(1), 44–55.

Ramadhan, S. (2019). Pemanfaatan Media Audio untuk Pembelajaran Cerpen. Jurnal Stilistika, 8(1), 55–67.

Rohmadi, M. (2018). Metode Pembelajaran Sastra di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(3), 212–221.

Sari, D. P. (2021). Pengaruh Media Audio terhadap Pemahaman Cerita Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, 12(1), 11–20.

Septiani, R., & Arini, N. W. (2024). Pengembangan Media Flip Card untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Kerja di Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(3), 158-166. https://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.39138.

Simanjuntak, R. (2020). Media Digital dan Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 19(2), 87–99.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryani, T. (2021). Kendala Pembelajaran Cerpen Sejarah di Sekolah Menengah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 77–89.

Utami, R., & Nugroho, A. (2021). Audio Podcast sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Kreatif, 7(1), 55–66.

Warsita, B. (2017). Teknologi Pembelajaran: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).