LITERATURE REVIEW: PROBLEM BASED LEARNING UNTUK AKTIVITAS DAN BERPIKIR KRITIS BAHASA INDONESIA
Abstract
Dalam era pendidikan modern, pengembangan keterampilan berpikir kritis menjadi aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar siswa mampu memahami, menanggapi, dan menyampaikan gagasan secara logis dan reflektif. Pembelajaran bahasa Indonesia tidak lagi hanya berfokus pada hafalan struktur bahasa, tetapi menekankan pada penguasaan keterampilan literasi tinggi seperti membaca kritis, menulis argumentatif, serta berdiskusi berbasis teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis terhadap 20 artikel ilmiah yang relevan dan diterbitkan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Artikel yang dianalisis mencakup penelitian dari jenjang dasar hingga menengah, dengan fokus pada penerapan PBL dalam aktivitas menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Hasil kajian menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, memfasilitasi pemecahan masalah berbasis teks, serta mendorong berpikir kritis dalam memahami dan menyusun informasi bahasa secara kontekstual. PBL juga terbukti mampu membangun motivasi belajar, kreativitas, dan sikap reflektif siswa terhadap materi bahasa Indonesia yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Problem-Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang inovatif, efektif, dan relevan dalam meningkatkan kualitas aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, serta mendukung pencapaian kompetensi literasi yang dibutuhkan di abad ke-21.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582.
Alghafri, A. S. R., & Ismail, H. N. B. (2014). The Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students' Thinking. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6), 518-525.
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178.
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal basicedu, 5(2), 1006-1017. 10.31004/basicedu.v5i2.871.
Apriyani, P., Kristiani, K., & Noviani, L. (2022). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Animaker terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ekonomi. Journal on Education, 5(1), 1169-1178. http://jonedu.org/index.php/joe.
Badlisyah, T. (2014). Penerapan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan dan Cooperative Learning Tipe STAD dengan Menggunakan Multimedia Berbasis Komputer dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI MAN. Lantanida Journal, 2(1), 48-67. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.662.
Effendi, R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814-1819.
Fadillah, J. H., Sagala, P., Nasution, A. S., Hidayat, H., & Hutasoit, S. (2025). Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 6(1), 91-107. https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.21235.
Hermawan, D., Chamalah, E., Sudiyati, S., Tasai, J., & Hasanudin, C. (2024). Integrasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 95-105. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.95-105.
Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers serta Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209-230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140.
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 334—338. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Kusmiati, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1309.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335.
Nurhayati, N., Hermanto, I. M., Samatowa, L., & Gimnastiar, A. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA (Literature Review). Normalita (Jurnal Pendidikan), 11(3), 493-502. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/2451.
Papadopoulos, I., & Bisiri, E. (2020). Fostering Critical Thinking Skills in Preschool Education: Designing, Implementing and Assessing A Multiliteracies-Oriented Program Based on Intercultural Tales. Multilingual Academic Journal of Education and Social Sciences, 9(2), 1-19. http://dx.doi.org/10.46886/MAJESS/v9-i1/7263.
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42-49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559.
Pratami, R. (2022). Systematic Review (Meta Synthesis) Artikel Bimbingan dan Konseling: Peningkatan Keterampila Berpikir Kritis. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(1), 36-45. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n1.p36-45.
Priyanti, N., & Warmansyah, J. (2021). Improving Critical Thinking Skills of Early Childhood Through Inquiry Learning Method. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2241-2249. 10.31004/obsesi.v5i2.1168.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119-124. 10.29303/jppipa.v6i1.388.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Ristiantita, M., Sari, A. Y., Azahra, N. A., Winarsih, I. O., Alkhoiri, M. F., Mubarak, M. F., & Mayarni, M. (2024). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Kelas 5. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11-11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.290.
Sa'adah, K., Sumarno, S., & Rohmad, R. (2025). Analisis Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Supriyadi Semarang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(1), 89-98. https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23126.
Safitri, D., Irmawanty, I., Bachtiar, S., & Rukman, W. Y. (2018). Students' Cognitive Achievement, Critical Thinking Skills, and Metacognitive Awareness in Problem Based Learning. European Journal of Education Studies, 5(4), 248-258. http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2067.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887. 10.31004/basicedu.v5i4.1068.
Sitorus, T. H. P. S., & Darwis, U. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 17 Panai Hulu. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 40-46. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i3.1543.
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13-22. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.3.
Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294-2304.
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97-103. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi.
Wahyuni, S., Rahayu, Y. S., & Indana, S. (2020). Development of Problem-Based Learning Student Worksheets to Facilitate Students Problem Solving Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 162-165. 10.29303/jppipa.v6i2.427.
Wulandari, E. R., Dewi, N. C., & Harahap, H. H. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 4 Barumun. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 341-347. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.3141.
Yulianto, H. T., Tusmiyati, A., & Widiastuti, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) e-ISSN 2721-9666, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.36312/teacher.v4i1.128.
Zalif, Z., Bahri, S., Martin, D., & Lutfi, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 399-406. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.723.
Zamzami, A. N., & Putri, D. T. (2024). Relevansi Teori Belajar Humanistik Carl Rogers dalam Pendidikan Karakter Perspektif Islam: The Relevance of Carl Rogers' Humanistic Learning Theory in Islamic Perspective Character Education. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 311-332. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i2.361.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.1.19-27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).