KESALAHAN BERBAHASA PADA MEDIA LUAR RUANG DI KABUPATEN BLORA DAN UPAYA PERBAIKANNYA

Yovi Nur Aeni, Evi Chamalah

Abstract


Media luar ruang saat ini menjadi media yang paling banyak diminati untuk sarana promosi suatu produk atau layanan jasa. Tetapi pada kenyataannya, masih ada beberapa pihak baik dari pembuat media luar ruang ataupun pemilik media luar ruang yang belum memperhatikan secara teliti mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah kebahasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai kesalahan berbahasa yang ada pada media luar ruang di Kabupaten Blora serta untuk mendeskripsikan upaya perbaikanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik purposive sampling digunakan sebagai teknik untuk mengambil sampel. Dalam mengambil sampel, peneliti mengacu pada pertimbangan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Ketika mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi lapangan dan dokumentasi visual terhadap media luar. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan teori kesalahan berbahasa dalam penerapan kaidah EYD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 kesalahan berbahasa. Kesalahan tersebut meliputi berbagai kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring, kata, lambang bilangan, unsur serapan, dan tanda baca. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa ternyata masih ada beberapa pihak pembuat atau pemilik media luar ruang yang kurang memperhatikan mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu penyebabnya, mungkin karena kurangnya pemahaman terkait penerapan kaidah EYD. Peneliti berharap, semoga dengan adanya penelitian ini dapat membantu para pembaca khususnya pembuat atau pemilik media luar ruang tentang bagaimana cara mengantisipasi kesalahan berbahasa terhadap penulisan media luar ruang.


Keywords


Bentuk Kesalahan Berbahasa; Media Luar Ruang; Penerapan Kaidah EYD

References


Aljamaliah, S. N. M., & Darmadi, D. M. (2021). Penggunaan Bahasa Daerah (Sunda) di Kalangan Remaja dalam Melestarikan Bahasa Nasional untuk Membangun Jati Diri Bangsa. Sarasvati, 3(2), 123-135. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v3i2.1740.

Anggini, N., Afifah, N. Y., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Bahasa Gaul (SLANG) terhadap Bahasa Indonesia pada Generasi Muda. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 143-148. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2477.

Aprilliana, G., & Efendi, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Capcut untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v2i2.6732.

Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65-70. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4090.

Arsanti, M., Chamalah, E., & Azizah, A. (2019). Kesalahan Penulisan Istilah Asing pada Papan Iklan Atau Reklame di Kota Semarang. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 2(2), 260-273. http://sasando.upstegal.ac.id.

Audina, F., Syahira, F., Maharani, F., Muzdalifah, R., & Ramasari, P. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Morfologi pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab, 6(1), 669-674. https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i1.3694.

Chasanah, O. S., & Setiana, L. N. (2025). Interferensi Bahasa pada Film Sekawan Limo Karya Bayu Eko Moektito. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 13(1), 50-58. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.1.50-58.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129. http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6963.

Ichsano, A., Mayangsari, A., Nayla, N., Christcanti, R., Zahra, S. F., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Bahasa Indonesia dan Resiliensi Psikologis: Peran Bahasa Meningkatkan Ketahanan Mental Individu dalam Menghadapi Tantangan Hidup. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 206-218. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v4i2.3138.

Kumala, M., Oktaviani, R., & Maulana, A. (2017). Strategi Bisnis PT. Pariwara Advertising di Industri Media Luar Ruang DKI Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(1), 35-35. https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.35.

Kustiawan, W., Ramadhani, K. R., Damanik, S. V., & Muharramsyah, A. (2022). Pengaruh Iklan Politik dalam Mengambil Aspirasi Rakyat. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(8), 1371-1380. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.178.

Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Nizhamiyah, 8(2), 68-77. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.396.

Latifah, U., Busri, H., & Badrih, M. (2023). Retorika Estetik Bahasa Iklan Online Ramadan 2022: Kajian Fungsional Aliran Praha. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 285-299. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22546.

Lituhayu, A. N., & Siagian, I. (2024). Pengaruh Eksistensi Bahasa Gaul pada Remaja Jakarta Selatan terhadap Bahasa Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 105-110. https://doi.org/10.5281/zenodo.10520958.

Muzaki, H., & Darmawan, A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan pada Kanal YouTube Fouly. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 55-62. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.11420.

Nafinuddin, S. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/f5kbx.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Pratama, R. S., Aditya, F., Daely, V. G., & Febriana, I. (2024). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembangunan Bangsa. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 65-71. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.607.

Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.84.

Rachmah, S. M. (2022). Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo. International Journal of Social and Management Studies, 3(4), 82-88. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i4.218.

Rayan, R., & Wardarita, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Papan Nama Toko dan Reklame di Jalan Jenderal Sudirman Palembang. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 19(1), 41-52. https://doi.org/10.26499/mm.v19i1.3417.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 9680-9694. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536.

Sari, S. W., Qoryah, A. N., & Aprilia, O. Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 82-92.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakata: Yuma Pustaka.

Setyowati, I. D., Sulistiyawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dalam Laporan Hasil Observasi Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1.1973.

Simorangkir, S. B. T., Wahyuni, R. S., Gusar, M. R. S., Rahmawati, Y., Setyorini, R., Hetilaniar, H., Hasanudin, C., Utomo, W. T., Romadani, A. T. F. & Cahyawati, R. S. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Sugiarto, S., Fitriani, Y., & Utami, P. I. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Frasa dan Kata Baku pada Papan Nama. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 14(1), 77-90. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i1.13636.

Tasita, A. D. A., Shofiyah, H., Sofyan, L. H., Maulana, M. H., Saputri, S. E., Akbar, S. S. G., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Peran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Komunikasi dan Interaksi dalam Pembelajaran PJOK. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 339-347. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1770.

Trimulyani, S., & Herlina, N. (2022). Pengaruh Iklan, Diskon dan Brand Ambassador terhadap Pembelian Impulsif pada Lazada di Masa Pandemi Covid-19. Liaison Journal of Best, 1(2), 47-58. https://ojs.iuli.ac.id/index.php/best/article/view/47.

Umami, L., Ahmadi, A., & Marhamah, M. (2023). Pengaruh Iklan Dan Kemudahan Belanja Terhadap Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli Mahasiswa. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1185-1197. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.890.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.13.1.93-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).