PENERAPAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA KELAS VIII SEKOLAH INDONESIA DAVAO, PHILIPPINES
Abstract
Dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking, penelitian ini memiliki dalam hal peningkatan partisipasi dan kemampuan menulis teks berita peserta didik di kelas VIII Sekolah Indonesia di Davao, Philippines. Studi ini adalah PTK dua siklus. Setiap siklus membahas langkah-langkah PTK, yaitu merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi. Data pada penelitian ini diproses melalui analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa partisipasi peserta didik meningkat secara berturut-turut, dengan skor rata-rata 3,0 yang berarti baik dan skor rata-rata 3,5 yang berarti sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan ketuntasan klasik sebesar 77 persen, dengan nilai rata-rata kelas 75. Hasil belajar siklus kedua mencapai ketuntasan 84,6 persen dan nilai rata-rata kelas 80. Data menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat setiap siklus. Siklus II juga menunjukkan peningkatan dari target 80 persen menjadi 84,6 persen. Penelitian ini menemukan bahwa peserta didik kelas VIII di Sekolah Indonesia Davao, Filipina, dapat meningkatkan partisipasi dan kemampuan menulis teks berita.
This study aims to enhance student learning outcomes in News Text lessons for eighth grade students at the Indonesian School in Davao, Philippines, by implementing a Computational Thinking approach. The study assesses student engagement and their proficiency in writing news texts. It employs a classroom action research methodology conducted over two cycles, each consisting of one session divided into planning, implementation, observation, and reflection stages. Data analysis utilizes both quantitative and qualitative methods. Results indicate a progressive increase in student engagement and learning proficiency across cycles, with average scores improving from 3.0 (good) to 3.5 (very good). Classical completion rates rose from 77% in the first cycle to 84.6% in the second, accompanied by an increase in average scores from 75 to 80. By the end of the second cycle, the study achieved the targeted 80% classical completion rate. Thus, the application of the Computational Thinking approach effectively enhances participation and news text writing abilities among eighth grade students at the Indonesian School in Davao, Philippines.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.51-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).