Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Berperspektif Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi mahasiswa dan dosen terhadap materi, proses, dan penilaian pembelajaran apresiasi sastra. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah mata kuliah Apresiasi Sastra. Membelajarkan apresiasi sastra kepada peserta didik sesungguhnya bukan hal yang mudah karena guru dituntut untuk memastikan agar siswa memiliki pemahaman, penikmatan, dan penilaian terhadap karya sastra. Di sisi lain, dalam membelajarkan sastra, guru perlu memiliki: (1) pemahaman terhadap tujuan pembelajaran sastra, (2) ketepatan memilih, menentukan, dan mengemas materi ajar sastra berdasarkan nilai-nilai atau muatan yang ada di dalamnya, (3) kemampuan memilih dan menggunakan strategi pembelajaran apresiasi sastra yang mampu memantik minat dan pengalaman apresiatif siswa, dan (4) ketepatan dalam memilih dan menggunakan penilaian pembelajaran apresiasi sastra sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa persepsi mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran apresiasi prosa berperspektif gender. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa peserta kuliah dan dosen mata-mata kuliah apresiasi sastra (Apresiasi Puisi, Apresiasi Prosa, dan Apresiasi Drama) pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik teknik angket dan wawancara mendalam. Data kuantitatif di dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif persentase. Adapun data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan langkah reduksi data, displei data, dan verifikasi data untuk memperoleh simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, dosen dan mahasiswa mempersepsi bahwa (1) materi pembelajaran sudah dalam bentuk bahan ajar (hand-out), tetapi belum lengkap karena hanya memuat konsep-konsep yang bersifat teoretis, (2) materi belum memuat nilai-nilai gender, padahal mahasiswa memerlukan nilai tersebut, (2) proses pembelajaran apresiasi sastra menggunakan strategi yang memungkinkan mahasiswa sampai pada tahapan mengapresiasi, akan tetapi metode yang digunakan monoton dan kurang variatif, kegiatan pembelajaran belum sampai pada tahapan akhir apresiasi, yakni mereproduksi, dan proses pembelajaran belum memperhatikan perspektif gender, (3) penilaian pembelajaran apresiasi sastra sudah menggunakan penilaian autentik, namun belum mencakupi keseluruhan aspek penilaian (kognitif, afektif, psikomotor). Penilaian belum memperhatikan perspektif gender.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.138-151
(mysql): SELECT pa.*, a.*, COALESCE(stl.setting_value, stpl.setting_value) AS section_title, COALESCE(sal.setting_value, sapl.setting_value) AS section_abbrev FROM published_articles pa INNER JOIN articles a ON pa.article_id = a.article_id LEFT JOIN sections s ON s.section_id = a.section_id LEFT JOIN section_settings stpl ON (s.section_id = stpl.section_id AND stpl.setting_name = 'title' AND stpl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings stl ON (s.section_id = stl.section_id AND stl.setting_name = 'title' AND stl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings sapl ON (s.section_id = sapl.section_id AND sapl.setting_name = 'abbrev' AND sapl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings sal ON (s.section_id = sal.section_id AND sal.setting_name = 'abbrev' AND sal.locale = 'en_US') INNER JOIN article_settings ast ON a.article_id = ast.article_id WHERE ast.setting_name = 'pub-id::publisher-id' AND ast.setting_value = '3715' ORDER BY pa.issue_id, a.article_id
(mysql): SELECT pa.*, a.*, COALESCE(stl.setting_value, stpl.setting_value) AS section_title, COALESCE(sal.setting_value, sapl.setting_value) AS section_abbrev FROM published_articles pa, articles a LEFT JOIN sections s ON s.section_id = a.section_id LEFT JOIN section_settings stpl ON (s.section_id = stpl.section_id AND stpl.setting_name = 'title' AND stpl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings stl ON (s.section_id = stl.section_id AND stl.setting_name = 'title' AND stl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings sapl ON (s.section_id = sapl.section_id AND sapl.setting_name = 'abbrev' AND sapl.locale = 'en_US') LEFT JOIN section_settings sal ON (s.section_id = sal.section_id AND sal.setting_name = 'abbrev' AND sal.locale = 'en_US') WHERE pa.article_id = a.article_id AND a.article_id = 3715
(mysql): SELECT g.*, a.file_name, a.original_file_name, a.file_stage, a.file_type, a.file_size, a.date_uploaded, a.date_modified FROM article_galleys g LEFT JOIN article_files a ON (g.file_id = a.file_id) WHERE g.article_id = 3715 ORDER BY g.seq
(mysql): SELECT * FROM article_galley_settings WHERE galley_id = '2757'
(mysql): SELECT * FROM article_settings WHERE article_id = '3715'
(mysql): SELECT s.*, a.file_name, a.original_file_name, a.file_type, a.file_size, a.date_uploaded, a.date_modified FROM article_supplementary_files s LEFT JOIN article_files a ON (s.file_id = a.file_id) WHERE s.article_id = 3715 ORDER BY s.seq
(mysql): SELECT r.* FROM referrals r WHERE r.article_id = 3715 AND r.status = 2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).