PENERAPAN MEDIA VHS 10 TV DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL KELAS XII

Ifa Ludfiah

Abstract


Keterampilan menulis merupakan keterampilan paling kompleks di antara keterampilan berbahasa lain, seperti keterampilan membaca, menyimak, dan berbicara. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan hasil pembelajaran, tentu dengan memperhatikan preferensi belajar maupun kebutuhan peserta didik. Dalam penelitian ini, dideskripsikan tentang penerapan media VHS 10 TV dalam meningkatkan keterampilan menulis teks editorial di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian, penerapan media VHS 10 TV sangat baik dilakukan di kelas XII MIPA 3. Hal itu dibuktikan pada nilai yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis teks editorial, dengan perolehan nilai rata-rata 93. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran untuk memproduksi atau menulis teks editorial sesuai struktur dan kaidah kebahasaan dengan menerapkan media VHS 10 TV di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 14 Semarang, sangat baik. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.  Pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekitar, maupun yang ada dalam diri, dengan pendidik tampil secara nyata di hadapan peserta didik melalui media yang diminati. Seluruh peserta didik diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.


Keywords


keterampilan menulis; media pembelajaran; teks editorial

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.27-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.