POLA PENGEMBANGAN ALUR PADA CERITA PENDEK KARYA SISWA SMA NEGERI ANDONG BOYOLALI
Chafit Ulya, Ulfa Rizqi Putri
Abstract
Pembelajaran menulis cerita pendek dapat melatih siswa untuk meningkatkan sensitivitas dan kreativitas siswa dalam mengembangkan ide kreatif. Kreativitas menjadi keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa karena dengan berpikir kreatif maka siswa dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang unik sesuai dengan daya kreatifnya. Akan tetapi, siswa masih merasa kesulitan menuangkan ide, gagasan, dan perasaan dalam sebuah tulisan. Kesulitan tersebut salah satunya adalah merangkai peristiwa menjadi alur cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola alur cerita pendek hasil karya siswa SMA Negeri Andong Boyolali dengan metode deskripstif kualitatif. Teori yang digunakan dalam menganalisis alur cerita pendek karya siswa adalah teori Stanton mengenai kaidah plot. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa telah mampu mengembangkan alur cerita pendek dengan baik. Unsur kaidah yang sulit dikuasai oleh siswa adalah unsur surprise.