METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN

Reni Nuryyati

Abstract


Pendidikan dianggap sebagai transformasi pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan, serta diakui sebagai faktor krusial dalam kemajuan suatu bangsa. Dalam konteks pembelajaran, peran guru sangat ditekankan sebagai fasilitator yang mendorong keaktifan dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini secara khusus membahas implementasi metode pembelajaran Two Stay Two Stray sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita pendek pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cangkringan. Metode Two Stay Two Stray, yang dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992, menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Metode ini tidak hanya memungkinkan kelompok berbagi hasil diskusi, tetapi juga merangsang potensi peserta didik, meningkatkan kerja sama, tanggung jawab, dan prestasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental, di mana siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Cangkringan menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, lembar kerja, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Two Stay Two Stray efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, sekaligus memacu minat dan kepercayaan diri mereka dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode ini diusulkan sebagai alternatif yang layak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan kemungkinan dapat diterapkan dalam mata pelajaran lainnya. Penelitian ini memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut dengan variasi metode, indikator, dan variabel yang berbeda, dengan tujuan memperkaya pendekatan pembelajaran di lingkungan sekolah.


Keywords


Two Stay Two Stray; Cerita Pendek; Unsur Intrinsik; Siswa SMP

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.30-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).