PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMPN 4 BANGKALAN
Abstract
Keterampilan berbahasa terdiri dari keterampilan membaca, keterampoilan menulis, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Salah satu keterampilan yang paling utama adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan dengan baik melalui latihan yang dilakukan terus menerus agar terciptanya sebuah tulisan yang bagus. Oleh karena itu keterampilan menulis ini cocok dikembangkan dalam materi bahasa Indonesia yaitu teks iklan. Teks iklan merupakan salah satu teks yang melatih siswa untuk menulis sebuah karangan namun tatp memperhatikan unsur didalamnya. Teks iklan ini dapat digunakan sebagai bahan latihan merangkai kata-kata agar dapat membuat sebuah tulisan yang baik. Pembelajaran akan di rasa menarik jika terciptanya suatu motivasi beru terhadap pembelajaran tersebut, seperti contoh pembuatan modul digital. Modul digital ini merupakan sebuah perangkat ajar yang diciptakan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Modul ajar ini nantinya akan melatih siswa untuk belajar secara mandiri, sehingga memudahkan siswa lebih mengerti tentang pembelajaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Bangkalan. Data penelitian diperoleh melalui survei keterampilan menulis menggunakan instrument tes dengan indikaror isi teks, pemilihan kata, bahasa persuasif, dan kerapian teks. Kemampuan menulis teks iklan siswa SMPN 4 Bangkalan sebesar 48% berada dibawah kategori rendah. Rincian masing-masing indicator sebagai berikut, isi teks 64%, pemilihan kata 34%, bahasa persuasif 37%, dan kerapian teks 48%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis siswa masih sangat rendah.
Keywords
keterampilan menulis, bahan ajar teks iklan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.2.5-13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).