Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Berbasis Flipbook 3D

Desyarini Puspita Dewi, Ariesma Setyarum, Dina Nurmalisa

Abstract


Pengembangan bahan ajar Teori Sastra berbasis Flipbook 3D ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar Teori Sastra berbasis Flipbook 3D yang menyenangkan sehingga memudahkan mahasiswa untuk memperdalam pemahaman terhadap perkuliahan Teori Sastra. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif
Pengembangan bahan ajar Teori Sastra berbasis Flipbook 3D ini, proses belajar mengajar menjadi efektif dan menarik sehingga mahasiswa dapat mengerti dan memahami materi perkuliahan dengan mudah. Kelayakan flipbook 3D Teori Sastra menggunakan uji validitas oleh ahli. Adapun hasil uji validitas yang dilakukan meliputi: 1) uji materi; 2) uji media; dan 3) uji bahasa. Keefektifan flipbook 3D Teori Sastra dilakukan uji coba di lapangan dengan hasil post-test menunjukkan bahwa skor rerata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rerata kelompok kontrol. Berdasarkan analisis hasil uji-t skor post-test antar kelompok, diperoleh t hitung sebesar 3,173 dengan df = 60 dan p sebesar 0,002 pada taraf kesalahan 0,05. Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,002<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman teori sastra yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan flipbook 3D Teori Sastra dan buku bacaan biasa.

Keywords


pengembangan bahan ajar, teori sastra, Flipbook 3D

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.