PENGEMBANGAN STRATEGI PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN BLORA

Suprapti Suprapti

Abstract


Kemampuan menulis karangan eksposisi siswa masih kurang memuaskan serta perlu ditingkatkan. Penyebabnya siswa kurang berminat terhadap ketrampilan menulis serta strategi yang digunakan guru masih terdapat kekurangan. Strategi portofolio diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI . Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan ada tidaknya pengaruh penilaian portofolio serta feedback untuk pembelajaran bahasa Indonesia terutama pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan strategi portofolio. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah pengembangan strategi portofolo dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas XI.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan instrumen tes  atau berupa karangan eksposisi dan non tes. Analisis data tes dengan teknik kuantitatif, sementara analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan menulis karangan eksposisi siswa dari siklus I, sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata dalam menulis karangan eksposisi siklus I, sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata dalam menulis karangan eksposisi siklus I 5,42 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 2,62 dengan nilai rata-rata sebesar 8,03. Jadi peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dari siklus I sampai siklus II sebesar 27,5 %.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.10.2.55-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.