Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Rina Purwani, Dian Mustikasari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar Bahasa Indonesia kurikulum merdeka belajar. Dari hasil penelitian ini perlu dikembangkan buku ajar Bahasa Indonesia yang sesuai tingkat kebutuhan mahasiswa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar yang dapat dipahami oleh mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester satu yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. bahwa nilai rata-rata mahasiswa pada tes awal adalah 68,50 sedangkan nilai rata-rata mahasiswa pada tes akhir adalah 78,00. Melalui uji validitas pada aspek materi dan bahasa diketahui bahwa buku ajar yang dikembangkan dari hasil validasi ke 1 dengan nilai 78 oleh ahli materi dan skor 76 oleh ahli bahasa. Hasil validasi ke 2 dengan nilai 82,3 oleh ahli materi dan 84,5 oleh ahli Bahasa. Untuk mengetahui efek potensial buku ajar dilakukan tes yang berupa pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest diperoleh 68,50 dan posttest sebesar 78,00. Berdasarkan perolehan nilai pretest dan posttest tersebut menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara x1 dan x2 adalah sebesar 0,548. Berdasarkan harga uji t sebesar 7.739 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan derajat kebebasan 59 dengan taraf kepercayaan 95. Dengan demikian, Ha diterima. Artinya, terdapat korelasi antara rata-rata nilai mahasiswa sebelum dengan sesudah menggunakan buku ajar Bahasa Indonesia. Jika signifikansi di bawah atau sama dengan 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar ini dinilai efektif dalam rangka membantu mahasiswa untuk dapat lebih memahami materi Bahasa Indonesia yang dipelajari.


Keywords


Pengembangan, Buku Ajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.10.2.16-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.