MATERI NILAI PROFETIK PADA KARYA A. MUSTOFA BISRI

Oktaviani Windra Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan materi pengolahan nilai yang berasal dari quates atau kalimat bijak para tokoh bangsa/ negara dan kandungan nilai profetiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa satuan estetis dan satuan peristiwa yang berwujud satuan gramatikal dalam kumpulan cerpen Konvensi, Lukisan Kaligrafi, kumpulan puisi Aku Manusia, Negeri Daging karya A. Mustofa Bisri. Adapun sumber datanya berupa sumber data primer, berupa teks empat karya A. Mustofa Bisri. Instrumen penelitiannya adalah peneliti yang sudah dibekali teori yang relevan dengan permasalahan penelitian dan kemampuan analisis yang bertumpu pada kisi-kisi instrumen penelitian dengan indikatornya. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik baca dan catat. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Berdasar hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa  mater nilai yang dimanfaatkan pengarang berasal dari tokoh bangsa/ negara, baik yang ada di dalam negeri, maupun dari luar negeri. Quates tersebut  berasal dari: Kahlil Gibran tentang anak dan kecintaan pada alam, K.H.Abdurrahman Wachid tentang toleransi, R.A.Kartini tentang emansipasi perempuan, RMP. Sosrokartono tentang saling menolong, Mahatma Gandhi tentang kecintaan pada alam.

 


Keywords


ata kunci: Kalimat bijak, materi nilai, profetik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.10.2.64-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.