ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA PADA BUKU TEKS SMA “BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK“ KELAS X SMA
Oktarina Puspita Wardani
Abstract
Unsur pendukung dalam pembelajaran salah satunya ialah buku teks. Kelayakan isi dan bahasa buku teks bahasa indonesia harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Isi dari buku teks pembelajaran harus sesuai dengan kompetensi inti pada pembelajaran itu. Masalah dalam artikel ini ialah menganalisis kelayakan isis dan bahasa buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa kartu kata untuk mengambil data dari buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“ kelas X SMA. Data berupa kata, kalimat yang dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis kelayakan isi buku teks pelajaran bahasa Indonesia ini sesuai dengan instrumen yang ditetapkan oleh BSNP, meliputi kesesuaian antara materi dan kurikulum dan kompetensi dasar yang berlaku, keakuratan materi yang ada di dalam buku, dan pendukung materi yang ada. Kelayakan bahasa meliputi komunikatif, dialogis dan interaktif, lugas, keruntutan alur pikir, koherensi, kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, dan penggunaan istilah dan simbol atau lambang yang sesuai dengan perkembangan peserta didik.