PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Naelur Rohmah

Abstract


Kemampuan menulis teks anekdot tidak terlepas dari implementasi ide dan gagasan secara struktur dalam bentuk tulisan. Metode Mind Mapping mampu melatih ide dan gagasan seseorang secara runtut. Namun keberhasilan belajar seseorang tidak terlepas dari gaya belajar seseorang di antaranya gaya belajar visual maupun auditori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap kemampuan menulis teks anekdot dan perbedaan gaya belajar visual dan auditorial terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah pre test post test quasi eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif. Kemampuan menulis teks anekdot diukur menggunakan tes esai. Gaya belajar visual dan auditorial menggunakan angket. Pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis teks anekdot menggunakan independen T test. Sedangkan perbedaan gaya belajar visual dengan auditorial terhadap kemampuan menulis teks anekdot menggunakan uji compre means. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Penerapan metode Mind Mapping pada gaya belajar visual berdampak pada kemampuan menulis teks anekdot lebih tinggi dibanding gaya belajar auditorial.


Keywords


mind mapping, teks anekdot, gaya belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.10.1.56-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).