Teknik Wawacara Kerja: Persiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Siswa SMA/K di Kabupaten Cibarusah

Sri Hapsari Wijayanti, Francisca Hermawan, Yohanes Arianto Budi Nugroho

Abstract


Salah satu tahapan penting dalam mencari pekerjaan adalah wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan tahapan yang harus dijalani dalam proses rekrutmen dan sering kali ditakutkan oleh pencari kerja. Karena itu, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang bagaimana teknik wawancara kerja di perusahaan. Peserta adalah siswa kelas X,XI, dan XII dari SMA Baiturrahman dan SMK Mandiri berjumlah 16 orang. Metode kegiatan berupa pelatihan dengan teknik tutorial, diskusi, dan bermain peran. Kegiatan berlangsung pada 29 April 2025. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa siswa SMA Baiturrahman dan SMK Mandiri masih kurang dalam berkomunikasi verbal dan nonverbal ketika bermain peran wawancara  kerja. Mereka masih kurang percaya diri, kurang meyakinkan dan kurang spesifik dalam menjawab pertanyaan. Namun, secara kuantitatif,  hasil tes menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa mengenai teknik wawancara kerja. Untuk kegiatan selanjutnya, diperlukan pendampingan mengenai berkomunikasi secara persuasif, persiapan wawancara, dan etiket wawancara.

One of the important stages in finding a job is the job interview. Job interviews are a stage that must be passed and are often feared by job seekers. Therefore, the purpose of this activity is to enhance students' knowledge and understanding of job interview techniques in companies. The participants of this activity consisted of 16 students from grades X, XI, and XII from Baiturrahman High School and Mandiri Vocational School. The methods used in this activity included training using tutorial techniques, discussions, and role-playing. This activity was held on April 29, 2025. The results of this activity showed that students from Baiturrahman High School and Mandiri Vocational School still lacked verbal and nonverbal communication skills when conducting mock job interviews. They still lacked confidence, persuasiveness, and specificity in answering the questions. But, quantitatively, the test results showed an increase in students' knowledge of job interview techniques. Future activities require guidance on persuasive communication, interview preparation, and interview ethics.


Keywords


bermain peran; dunia kerja; soft skill; STARS; wawancara kerja

Full Text:

PDF

References


Astutik, W., & Sulhan, M. (2022). Pelatihan kerja, soft skill dan hard skill mendorong peningkatan kinerja karyawan. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(2), 9. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i2.2345

A’yunin, I. Q. (2023). Efektivitas peran bursa kerja khusus (BKK) dalam membantu menyalurkan lulusan SMA memasuki dunia kerja di SMA Kartika Wijaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 6(1), 22–31. https://doi.org/10.37504/jmb.v6i1.477

Azizah, N. (2022). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa dalam menguasai congratulations expressions. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 121–131. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.275

Bovée, C. L., & Thill, J. V. (2021). Business communication today (15 Edition). Pearson.

Ferdiyansyah, A., Zahara, S. L., Rahayu, W. P., & Alfan, M. (2022). Efektivitas model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 64–75. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5039

Hanarti, I., Setiawan, A., Estiana, R., & Utami, R. T. (2022). Persiapan dunia kerja bagi peserta didik PKBM Negeri 23 Jakarta: Edukasi strategi wawancara kerja dan tipe perjanjian kerja. Buletin Abdi Masyarakat, 3(1), 66–73.

Oktivera, E., & Wirawan, F. A. W. (2020). Program peningkatan kemampuan komunikasi dalam menghadapi wawancara kerja. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 1(1), 43–49. https://www.setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju

Pratiwi, D. I., Prihatanto, R., Triwijaya, S., Kurniawan, Muh. A., & Arifianto, T. (2022). Pelatihan wawancara kerja bagi mahasiswa di kota Madiun. Pengmasku, 2(2), 109–118.

Santika, Syawaluddin, Putra, D. P., & Afrida, Y. (2023). Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMA N 3 Bukittinggi. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(5), 1186–11200.

Widowati, R., & Agustin, A. (2021). Analisis proses rekrutmen dan seleksi karyawan pada PT Lunto Prima Megah. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 5(1), 22–30.

Wijayanti, S. H. (2017). The types of communication used in workplace. 4th Asia Pacific Education Conference (AECON), 229–234. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/aecon-17.2017.43




DOI: https://dx.doi.org/10.30659/ijocs.7.2.219-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Hapsari Wijayanti, Francisca Hermawan, Yohanes Arianto Budi Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.