Pengenalan Implementasi Mikrokontroler Arduino kepada Siswa SMK Pembangunan Nasional Purwodadi Grobogan
Abstract
Teknologi elektronika memanfaatkan Mikrokontroler sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang menekuni bidang teknik elektro, baik dalam bidang pendidikan maupun hanya sekedar menekuni hobi. Banyak jenis mikrokontroler yang ditawarkan oleh produsen, di antaranya adalah Arduino yang memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam merangkainya dan kesederhanaan dalam pemrogramannya. Arduino juga memiliki banyak varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan jumlah port maupun daya tampung memory yang tersedia di dalamnya. Arduino sering digunakan sebaga unit pengolah data yang diambil dari sensor sebagai input, dan menghasilkan output berupa aktuator. Meskipun sudah mulai dikenal dan diimplementasikan, masih banyak masyarakat yang awam dengan mikrokontroler Arduino ini. Oleh karenanya perlu diupayakan pengenalan lebih mendalam mengenai mikrokontroler Arduino, disertai contoh-contoh rangkaian yang dapat dibentuk oleh perangkat mikrokontroler ini. Tim memilih siswa-siswi SMK di daerah Puwodadi Grobogan sebagai obyek pengenalan dan pelatihan, mengingat para siswa sudah mendapatkan pengenalan dasar tentang mikrokontroler, sehingga selanjutnya dapat dikembangkan dengan implementasi yang lebih luas. Metode yang digunakan berupa tutorial disertai beberapa contoh rangkaian nyata yang sudah jadi dan berfungsi untuk berbagai kebutuhan. Hasil dari program ini siswa SMK yang sebelumnya hanya mengenal satu jenis mikrokontroler Arduino menjadi lebih mengenal berbagai tipe Arduino dan implentasinya secara lebih luas.
Electronic technology utilizing Microcontrollers has begun to be widely known by the public, especially for people who are studying electrical engineering, both in education and just pursuing a hobby. Many types of microcontrollers are offered by manufacturers, including Arduino which has the advantage of being easy to assemble and simple in programming. Arduino also has many variants that can be selected according to the number of ports and memory capacity available in it. Arduino is often used as a data processing unit taken from sensors as input, and produces output in the form of actuators. Although it has begun to be known and implemented, many people are still unfamiliar with this Arduino microcontroller. Therefore, it is necessary to make an effort to introduce Arduino microcontrollers more deeply, accompanied by examples of circuits that can be formed by this microcontroller device. The method used was a tutorial accompanied by several examples of real circuits that were finished and functioning for various needs. The result of this program is that vocational school students who previously only knew one type of Arduino microcontroller become more familiar with various types of Arduino and their implementation more widely.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z., Pambudi, A. D., Tamamy, A. J., Islahudin, N., Pamungkas, H., & Heryanto, M. A. (2023). Pelatihan Robotika Untuk Pengenalan Dunia Robotik Bagi Siswa SMA KOLESE LOYOLA Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 69. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.846
Budisusila, E. N., Ismail, M., Hasari, J. P. (2023), Transfer Teknologi Optimalisasi Pengguanaan Set Top Box (STB) Televisi Digital bagi Masyarakat Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Journal of Appropriate Technology for Community Services (JATTEC). https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss2.art10
Putra, M. T. D., Pradeka, D., Adiwilaga, A., Munawir, M., & Adjhi, D. P. (2023). Pelatihan Robotika Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 56-65. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6516
https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/8E48FA4077FD08ED02FA, diakses bulan Mei 2024
Husada, H., Emillia, Asri, Y., Hartanti, D., & Sikumbang, H. (2019). Pelatihan Aplikasi Untuk Industri Berbasis Arduino di SMK Letris Tangerang Selatan. Jurnal SOLMA, 8(2), 278. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3345
Marwanto, S., Suharjanto, S., S. W., P., & Raharjo, A. T. (2021). Pelatihan Robot Pengikut Garis (Line Follower) Untuk Siswa SMK Batik 2 Surakarta Di Prodi Teknik Elektronika STT “Warga” Surakarta. Abdi Masya, 1(3), 132–136. https://doi.org/10.52561/abma.v1i3.148
Nurraharjo, E., Februariyanti, H., & Sukur, M. (2024). Pelatihan Dan Pengenalan Teknologi Bagi Masyarakat Akademis SMK Wilayah Semarang. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(7: Agustus), 526–533. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/4435
Purniawan, A., Muslim, A., Sahara, A., Wahyudin, A., Amirul, A. F., Maulana, B., ... & Saifudin, A. (2023). Sosialisasi Pengenalan Teknologi Informasi Digital Kepada Siswa SMK Bintang Nusantara. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116-119. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/391
Rendyansyah, R., Passarella, R., Siswanti, S. D., & Prasetyo, A. P. P. (2021). Pelatihan Pemrograman Arduino Kepada Siswa SMK di Indralaya Untuk Menambah Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Bidang Sistem Elektronika Digital.. SENABDIKOM, 3(1), 52–58. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senabdikom/article/view/1831
Siswoyo, A., Arianto, E., & Noviyanto, A. H. (2023). Pelatihan Pengenalan Teknologi Line Follower Robot Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Regina Pacis Surakarta. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 114–119. https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.5229
Yulanda, E. A., Amalia, S., & Syekhurohim, M. (2023). Pelatihan Mikrokontroler Arduino Untuk Siswa-Siswi SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 768-776. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3361
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.7.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Eka Nuryanto Budisusila, Bustanul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.