Pelatihan Penetapan Harga Produk dan Jasa Sesuai dengan Persepsi Konsumen

Luki Adiati Pratomo, Wahyuni Rusliyana Sari, Mayasari Mayasari, Harsha Danya Ibrahim

Abstract


Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia selama dua tahun terakhir, menyebabkan banyak kerugian. Salah satunya adalah usaha kecil dan mikro yang harus bertahan hidup. Walaupun biasanya UKM merupakan salah satu usaha yang paling tahan banting, tetapi COVID-19 lebih sulit dihadapi.  Setelah varian Delta yang mematikan, akhirnya bulan September 2021, penularan COVID-19 mulai menurun, sehingga level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mulai menurun. Kondisi ini yang menjadi latar belakang dibuatnya kegiatan ini. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penetapan harga produk dan jasa sesuai dengan persepsi konsumen. Metode pelatihan ini adalah penyuluhan yang diikuti oleh 16 mahasiswa yang kuliah di Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova (SKBAC) terdiri dari lulusan SMA dan pengusaha UKM. Hasil dari pelatihan ini terdiri dari tiga hal, yaitu dari peserta, komunitas, dan pelaksana. Peserta mendapatkan ilmu bagaimana caranya menetapkan harga produk dan jasa. Komunitas sebagai wadah untuk transfer ilmu dari institusi kepada mahasiswa di acara yang tepat. Pelaksana mampu merealisasikan salah satu tugas Tridharma Perguruan Tinggi. 

The COVID-19 pandemic that has swept across the world over the past two years has caused a lot of losses. One of them is SMEs that have to survive. Although SMEs are usually one of the most resilient businesses, COVID-19 is more difficult to deal with. After the deadly Delta variant, finally, in September 2021, the transmission of COVID-19 began to decline, so the PPKM level began to fall, and business activities began to show. This condition inspired this activity. This community service aims to provide training in determining product and service prices according to consumer perceptions. This training method is counseling which was attended by 16 students studying at the Bina Amanah Cordova Entrepreneurship School (SKBAC), consisting of high school graduates and SME entrepreneurs. The results of this training consist of three things, namely from participants, community and implementers. Participants gain knowledge on how to set prices for products and services. Community as a forum for transferring knowledge from institutions to students at the right time. The implementer is able to realize one of the tasks of the Tridharma of Higher Education.


Keywords


COVID-19; pricing; consumer perception

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.2.210-219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Luki Adiati Pratomo, Wahyuni Rusliyana Sari, Mayasari Mayasari, Harsha Danya Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.