Pengembangan Metode Bercerita dalam Peningkatan Keterampilan Pedagogi Para Guru MI di Demak

Choiril Anwar, Kurniawan Yudhi Nugroho

Abstract


Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Demak mengalami kesulitan dalam mengembangkan sebuah metode, teknik, dan strategi yang baik dan menyenangkan dalam pengajarannya terhadap anak didik mereka sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan pedagogis itu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu metode alternatif yang menarik adalah metode bercerita. Metode bercerita dalam proses pengajaran di kelas dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas tidak hanya peserta didik tapi juga guru yang mengajar. Program Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kewilayahan (PkM-PK) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para guru Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar dapat mengembangkan keterampilan pedagogik mereka melalui metode bercerita sehingga pengajaran dan pembelajaran kepada siswa mereka dapat berjalan lebih inovatif dan imajinatif yang pada akhirnya mampu meningkatkan pemahaman siswa guna memenuhi tujuan pembelajaran. Program ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pendampingan klasikal secara intensif kepada para guru dengan memberikan contoh dan praktik sehingga materi tersebut dapat dipahami secara baik dan dapat dipraktikkan oleh peserta bagaimana menyampaikan cerita yang baik dan menyenangkan kepada para murid MI.

The Teacher Activity Group (KKG) for Madrasah Ibtidaiyah (MI) in Demak Regency experienced difficulties in developing good and fun methods, techniques, and strategies in teaching their students as an effort to improve these pedagogical skills. Therefore, we need a method that can solve this problem. One interesting alternative method is the storytelling method. The storytelling method in the teaching process in the classroom can develop the imagination and creativity of not only students but also teachers who teach. The Regional Development Community Service Program (PkM-PK) aims to aid Madrasah Ibtidaiyah (MI) Teacher Activity Group (KKG) teachers to be able to develop their pedagogic skills through the storytelling method so that teaching and learning to their students can run more innovatively and imaginative which in the end is able to increase students' understanding in order to fulfill the learning objectives. This program is carried out using intensive classical mentoring methods for teachers by providing examples and practices so that the material can be understood well and can be practiced by participants on how to tell good and fun stories to MI students.

Keywords


Keterampilan pedagogi guru; metode bercerita; strategi pengajaran

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140-149. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2679

Asrori, I. (2015). Bercerita dan bermain dalam pembelajaran Bahasa Arab di sekolah dan madrasah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1). http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/3

Efendi, A. (2006). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak melalui Kebiasaan Bercerita (Dongeng). Insania, 11(3), 328-336.

Fitri, I. N. (2017). Pengaruh bercerita terhadap pembentukan karakter anak usia lima sampai enam tahun di TK Negeri pembina kecamatan Teluk Nibung TA 2017/2018 (doctoral dissertation, unimed).

Kiromi, I. H. (2021). Penerapan Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. BAHTSUNA, 3(1), 95-107. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v3i1.45

Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7535

Mangunah, S. (2020). Hubungan metode bercerita dengan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Purbalingga. Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 4(2), 264-280. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.256

Manik, S., & Silaban, R. (2021). Pentingnya bercerita (mendongeng) untuk pembinaan moral anak pada smp swasta cipta karya medan. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 33-37.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7

Prabowo, A. (2020). Pentingnya Berkisah Al-Qur’an dan Sunnah bagi Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 23-34. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/56

Purba, H., Nasution, R. A., & Rosita, R. (2021). Metode Bercerita Kisah Nabi dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Akhlak Anak di RA Hamdaniyah. Jurnal Raudhah, 9(1). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.942

Rahmawati, Y. (2012). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2908

Suhartini, S. (2013). Meningkatkan perkembangan kemampuan berbahasa dengan metode bercerita dengan panggung boneka anak usia dini kelompok A TK Bina Bunga Bangsa Rungkut Surabaya. Paud Teratai, 2 (1), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1811

Suprapti, S. (2019). Penerapan metode bercerita dalam pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah Sukun tahun pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Talibo, I. H. I. (2021). Peran guru dalam menerapkan metode bercerita pada anak didik di RA Al-Khairaat Airmadidi Atas. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(02), 1-20. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i02.140




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.29-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Choiril Anwar, Kurniawan Yudhi Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.